Tunggu Sebentar

 

TeknologiPicMix Fokuskan Inovasi Social Commerce Tahun Ini

Vera AnggunJanuari 17, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/01/Picmix.png

Sejak tahun 2012 berdiri, startup pengembang aplikasi mobile PicMix masih menunjukkan eksistensinya sampai saat ini. Tak tanggung-tanggung, statistik menunjukkan sampai saat ini pengguna PicMix masih terus mengalami pertumbuhan secara organik, dan saat ini total unduhan aplikasi sudah mencapai lebih dari 100 juta unduhan dari pengguna di seluruh dunia, lintas platform dengan pengguna mayoritas di platform Android.

Dalam sebuah kesempatan, DailySocial berbincang dengan Calvin Kizana selaku  CEO PicMix tentang rahasia bertahannya PicMix dan apa yang sedang dikerjakan saat ini oleh tim PicMix untuk mengimprovisasi layanan.

Mengawali perbincangan Calvin menyampaikan bahwa bertahannya PicMix sampai saat ini, di tengah persaingan global dan aplikasi sejenis yang kian ketat, dilandasi oleh faktor inovasi dan pendekatan berbasis pengguna. Selain terus mengembangkan produk, aktivitas pengguna menjadi bahan analisis yang terus diamati.

PicMix masih akan berfokus pada akuisisi pengguna

Lebih dari 4 tahun lahir dan mematenkan diri sebagai platform media sosial, membuat fokus utama PicMix adalah akuisisi pengguna (user acquisition). Hal ini dikatakan Calvin akan tetap menjadi fokus di tahun ini, bahkan sampai beberapa tahun mendatang. Kendati demikian turut disampaikan bahwa melalui kanal bisnisnya PicMix telah berhasil melakukan monetisasi, baik dari B2C ataupun B2B.

Kontribusi terbesar monetisasi PicMix sampai saat ini juga berasal dari B2B. PicMix telah bekerja sama degan lebih dari 60 brand untuk menjalankan kampanye digital di platform miliknya. Iklan digital via Google AdMob juga menjadi salah satu revenue stream yang sampai sekarang masih dipertahankan. Dengan sistem bisnis yang ada sampai saat ini, mengoptimalkan sektor B2B, pertumbuhan year-on-year tercatat sekitar 15-20 persen per tahun.

Berinovasi menjadi kunci bertahannya PicMix

Ketika ditanya apa yang menjadikan PicMix masih bertahan dan bertumbuh sampai sekarang, secara spontan dan tegas Calvin menjawab “keep in innovation”. Produk apa pun menurut Calvin agar pengguna betah menggunakan maka perlu dilakukan inovasi. Inovasi adalah melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan.

Dan dalam melakukan inovasi startup sangat perlu untuk melibatkan pengguna. Contoh inovasi yang dilakukan PicMix adalah menambahkan kapabilitas untuk konten video. Ini bukan inovasi baru untuk produk sejenis, tapi inovasi ini digalakkan karena kebutuhan pengguna.

Selain itu pengembang produk juga harus piawai dalam mengamati tren di pasaran. PicMix berhasil melakukan pengamatan tersebut dengan mudah, karena sejak awal dibentuk PicMix begitu aware akan pentingnya komunitas pengguna.

Dari pengalaman itu, PicMix menilai bahwa adanya pemisahan, dalam bentuk section tersendiri, menjadi penting, untuk tetap memanjakan pengguna di platform PicMix dengan layanan foto dan video yang ada, sembari memberikan kanal untuk melakukan jual beli online. Dengan demikian dinilai akan memberikan kenyamanan bagi kedua belah pihak, dengan dua kepentingan yang berbeda, namun ingin ditempatkan di satu platform yang dicintainya.

Source : https://dailysocial.id/post/picmix-inovasi-social-commerce-2016