Tunggu Sebentar

 

HiburanStartup Travel ini Menjadi Emiten Pertama yang Melantai di Bursa pada 2020

AgusJanuari 22, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/01/idx.jpg

PT Tourindo Guide Indonesia Tbk (PGJO) yang merupakan perusahaan travel menjadi perusahaan pertama yang mencatatkan saham di tahun 2020. Pigijo resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui skema penawaran saham baru atau initial public offering ( IPO) pada Rabu (08/01/2020). Melalui penawaran saham ini, Pigijo berhasil meraup dana segar sebesar Rp 12 miliar. “Seperti biaya pemasaran dan promosi, biaya sewa, serta biaya operasional guna mendukung kegiatan usaha,” ucap Chief Executive Officer (CEO) Pigijo Claudia Ingkiriwang. Diketahui, PT Tourindo Guide Indonesia Tbk (PGJO) atau Pigijo, sebuah startup marketplace pariwisata, menjadi emiten pertama yang melantai di bursa dari papan akselerasi.

Pigijo menyediakan jasa perencanaan pariwisata. Pengguna bisa memilih destinasi, transportasi, aktivitas, hotel, travel assistant, dan lainnya melalui aplikasi marketplace Pigijo. “Untuk menjadi besar, kita butuh model ya. Ada beberapa cara yang dilakukan beberapa teman-teman start up, dan kenapa kita memilih IPO, karena pertama ini menunjukkan,” ucap Claudia saat ditanyai mengenai alasannya untuk IPO. PT Surya Fajar Sekuritas ditunjuk oleh Pigijo untuk menjadi penjamin emisi. Pigijo melepas 150 juta saham baru ke publik atau setara dengan 48,98 persen dari total saham setelah IPO. Sang CEO sendiri merupakan pemegang saham mayoritas sebesar 17,7 persen.

Pada perdagangan perdananya hari ini, saham Pigijo langsung naik menjadi Rp 88 per saham atau sebesar 10 persen. Saham ini ditransaksikan sebanyak 33 kali, dengan nilai Rp 49,49 juta. “Target kami setelah IPO ini adalah marketing, memang pada tahun 2019 itu aktivitas utama kami adalah membangun platform dan mitra waktu itu, jadi di 2020 ini target kami masuk ke transaksi, ada beberapa parameter yang sudah jadi dan akan dilakukan,” ujar Claudia. Melalui IPO ini, perusahaan menargetkan akan ada 180.000 transaksi melalui aplikasi marketplace-nya tahun ini.

Source : https://money.kompas.com/read/2020/01/08/151104126/startup-travel-ini-menjadi-emiten-pertama-yang-melantai-di-bursa-pada-2020