Tunggu Sebentar

 

Gaya Hidup11 Alasan untuk Memulai Bisnis Online

Andreas Rifto DevaFebruari 28, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/bank-note-banknote-banknotes-bill-259251.jpg

Semakin hari kehidupan kita semakin beralih ke dunia digital. Mulai dari menulis surat, mengedit gambar, mengedit video, membaca koran, membaca buku, hingga berbelanja bisa kita lakukan melalui jaringan internet.

Berdasarkan data Google Search pada tahun 2018, Indonesia dinobatkan sebagai pasar e-commerce terbesar dan paling cepat berkembang di Asia Tenggara. Itu artinya, prospek bisnis online di Indonesia sangatlah cerah. Lalu apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis online? Berikut kami paparkan 11 alasan lain yang menjadikan bisnis online sangat menarik untuk Anda lakukan.

  • Tidak perlu modal yang besar

Untuk memulai bisnis online, Anda tidak perlu modal yang besar. Cukup dengan biaya yang terjangkau, Anda sudah bisa menjual produk Anda melalui website, e-commerce, facebook atau akun Instagram. Yang harus Anda perhatikan adalah strategi marketing yang baik serta produk yang inovatif dan memiliki nilai tambah dari produk serupa di pasaran.

  • Anda bisa memulainya dari hal-hal yang Anda sukai

Bekerja di kantor, Anda terpaksa mengerjakan hal-hal yang mungkin tidak sesuai dengan minat Anda. Namun dengan menjajal bisnis online, Anda bisa memulainya dari hal-hal yang Anda sukai. Apakah Anda memiliki minat dengan tanaman, menggambar, menulis, bisa Anda aplikasikan ke produk yang Anda jual.

  • Jaringan yang luas

Menjual secara online membuat Anda memiliki coverage pembeli yang sangat luas. Tidak hanya orang-orang yang ada di sekitar Anda bisa membeli produk Anda, namun juga orang-orang yang berbeda kota bahkan beda negara bisa menjadi pelanggan produk-produk Anda.

  • Pemasukan yang tak terbatas

Karena luasnya jaringan yang dapat dicapai oleh bisnis online, menjadikan pemasukan Anda tidak terbatas. Terlebih jika produk Anda berkualitas dan berbeda dengan produk sejenis, maka besar kemungkinan produk anda akan populer dan mendatangkan sales yang besar.

  • Bisa membangun personal branding

Menjual secara online juga sekaligus dapat membangun personal branding Anda. Pastikan Anda memiliki strategi yang baik akan produk, pemasaran, serta personal branding Anda di dunia online. Tunjukkan bahwa Anda adalah seorang pengusaha profesional dengan produk yang dapat diunggulkan.

  • Biaya pengelolaan yang minimum
Biaya untuk membangun dan mengelola bisnis online tidak semahal jika Anda mengelola bisnis secara brick and mortar. Karena itu, Anda akan lebih mudah mengelola keuntungan untuk diputar kembali kedalam bisnis yang sedang Anda jalankan karena cost yang tidak besar.
  • Toko Anda bisa beroperasi selama 24 jam sehari

Toko online memungkinkan untuk beroperasi selama 24 jam setiap hari. Itu artinya, Anda tidak akan kehilangan customer karena mereka bisa berbelanja kapan saja melalui toko online Anda.

  • Pembayaran yang mudah

Setiap pembayaran langsung masuk ke rekening Anda dengan mudah dan aman. Pembukuan juga dengan jelas tercatat melalui rekening koran bank Anda.

  • Memasang iklan dengan mudah

Ada banyak pilihan kanal program ads yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda. Mulai dari Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, yang bisa Anda dapatkan mulai dari nominal yang sangat terjangkau.

  • Lebih Fleksibel

Bisnis online lebih fleksibel karena Anda bisa bekerja dan mengelola bisnis Anda dari mana saja. Meskipun Anda harus bepergian ke luar kota atau ke luar negeri, Anda tetap bisa memantau secara langsung bagaimana bisnis Anda berjalan.

  • Cocok untuk pemula

Jika Anda pemula di dunia bisnis, ada baiknya Anda melirik bisnis online ini. Siapa tahu dengan keunikan produk yang Anda miliki, bisnis Anda bisa menjadi besar dan berkembang.