Tunggu Sebentar

 

Pertanian4 Rekomendasi Bisnis Ramah Lingkungan

Andreas Rifto DevaFebruari 11, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/pexels-photo-2176131-1280x853.jpeg

Bisnis selalu memiliki sasaran dan terkadang membutuhkan adanya market khusus atau pasar tertentu. Kepedulian masyarakat terhadap penggunaan barang atau produk ramah lingkungan kini menjadi salah market baru bagi para pebisnis yang mengandalkan gaya hidup tersebut.

Peluang untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut diyakini akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan produk yang ramah terhadap lingkungan sekitar.

Jika Anda termasuk orang yang peduli terhadap kondisi alam sekitar, 5 daftar berikut ini bisa menjadi referensi bagi bisnis Anda.

Jasa Permak Furnitur

Produk furnitur menjadi salah satu jenis produk yang banyak dibutuhkan. Beberapa produk furnitur seperti lemari, kursi, meja, ranjang dan benda lainnya seringkali menumpuk di gudang atau bahkan dibuang begitu saja di bantaran sungai hingga akhirnya mencemari lingkungan.

Jika diperhatikan, sebagian dari barang-barang tersebut masih dapat diperbaiki dan digunakan kembali, namun lagi-lagi, kebanyakan masyarakat lebih menyukai sesuatu yang praktis hingga lebih memilih untuk segera mengganti barang tersebut.

Namun, di sinilah peran pebisnis jasa permak furnitur, Anda bisa memanfaatkan barang-barang yang mengalami kerusakan dan telah dibuang untuk dipermak dan dijual kembali dengan harga yang lebih terjangkau. Selain itu, Anda juga bisa membuka jasa perbaikan furnitur rumah tangga. Secara tidak langsung, bisnis ini telah membantu mengurangi pencemaran lingkungan.

Kompos

Kebutuhan akan pupuk di sektor pertanian tidak pernah berkurang. Oleh sebab itu, produser pupuk berkualitas sering dicari oleh para petani, terlebih mereka yang menjual pupuk dengan harga kompetitif.

Peluang ini juga bisa menjadi jalan bisnis Anda. Pupuk organik atau biasa disebut dengan pupuk kompos menjadi pilihan para petani sayuran atau tanaman organik. Hal ini dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan penggunaan pestisida pada tanaman. Dengan strategi yang tepat, Anda bisa menghasilkan banyak keuntungan.

Recycle Sampah Elektronik

Produksi barang elektronik terus meningkat dari tahun ke tahun, hal itu juga diiringi dengan meningkatnya sampah elektronik. Jika dibiarkan begitu saja, sampah elektronik dapat menjadi permasalahan lingkungan yang berbahaya.

Namun, di sela potensi masalah, kreativitas hampir selalu bisa menjadi solusi. Jika Anda termasuk orang yang memiliki daya kreativitas tinggi, sampah elektronik bisa diolah menjadi aneka macam produk yang dapat digunakan kembali. Baik itu yang bernilai seni maupun jenis produk yang dapat difungsikan tidak hanya dari segi estetikanya saja.

Produser Kosmetik Organik

Bagi kaum wanita, kosmetik merupakan produk yang sangat menarik. Kini tren kosmetik mulai beralik ke kosmetik organik yang dianggap lebih aman dan tidak banyak memberikan efek samping berbahaya. Biasanya, kosmetik dibuat dari bahan-bahan alami dengan pengolahan yang higienis. Peluang bisnis ini juga sangat besar dan potensial.