Tunggu Sebentar

 

Teknologi5 Cara Ampuh Mendatangkan Traffic Pada Website Anda

https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/person-using-black-and-white-smartphone-and-holding-blue-230544.jpg

Traffic merupakan faktor yang penting dalam membangun sebuah website. Traffic adalah jumlah audiens yang mengunjungi website Anda. Traffic yang tinggi tentu akan meningkatkan perfoma sebuah website. Pertanyaannya, bagaimana cara mendatangkan traffic ke sebuah website?

Cara Mendatangkan Traffic

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke website, antara lain:

Memahami Minat Pengunjung

Untuk mendatangkan traffic yang tinggi, Anda harus memahami apa yang disukai oleh pengunjung website Anda. Cobalah untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut agar lebih mudah memahami minat pengunjung website Anda:

  – Kenapa mereka harus mengunjungi situs Anda?

  – Apa yang mereka dapatkan saat mengunjungi website Anda?

  – Apakah mereka betah berkunjung ke website Anda?

Sejumlah riset menyebutkan bahwa 80 persen konsumen cenderung melakukan riset terhadap sebuah produk sebelum memutuskan membeli. Apa yang mereka cara saat riset? Jawabannya adalah konten.

Untuk memahami minat pengunjung, Anda juga harus menyajikan konten yang menarik kepada mereka. Konten akan membuat pengunjung betah berlama-lama di situs Anda.

Menyajikan Konten Berkualitas

Sebelum menyajikan konten yang berkualitas, ada baiknya Anda mengetahui kriteria tentang konten yang disukai oleh audiens, antara lain:

  • Audiens menyukai konten yang informatif dan menjawab permasalahan mereka.
  • Audiens menyukai konten yang bersifat edukatif.
  • Audiens menyukai konten mengandung social currency. Social currency adalah mata uang sosial yang digunakan untuk mengukur keberminatan audiens terhadap sebuah konten, antara lain:

     -Menggugah rasa penasaran.

     -Menggugah kebanggaan.

     -Memainkan emosi, seperti senang, lucu, marah, dan sebagainya.

Audiens cenderung menyukai konten yang mengandung practical value, seperti tutorial, cara mudah, atau sebagainya.

Audiens menyukai konten yang berbentuk story atau cerita yang mengalir dan bernuansa humanis.

Gunakan Social Media

Untuk mendatangkan pengunjung ke website, Anda bisa memanfaatkan berbagai platform social media. Bagikanlah konten kepada audiens di social media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan sebagainya.

Tapi jangan terlalu larut dalam social media, karena tujuan utama anda adalah mendatangkan pengunjung ke website Anda. Ingat, social media hanyalah etalase, website adalah kantor utama Anda.

Menggunakan Teknik SEO

Search Engine Optimization (SEO) adalah teknik yang populer digunakan untuk mendatangkan traffic ke situs website. SEO digunakan untuk menjadikan setiap page yang ada pada website sebagai landing page, alias pintu masuk traffic.

Salah satu caranya yaitu menggunakan kata kunci bervolume tinggi pada konten website. Anda bisa mendapatkan kata kunci beserta volume pencariannya di platform Google Keywords Planner atau Ubbersuggest.

Sebaiknya pilihlah kata kunci yang bervolume tinggi namun dengan tingkat persaingan yang rendah. Karena, jika Anda memilih keywords populer, tentunya banyak website lain yang juga menggunakan keywords tersebut.

Gunakan Traffic Berbayar

Traffic berbayar yang dimaksud adalah trffic yang dihasilkan dari iklan. Anda bisa mengiklankan website Anda menggunakan platform Google Ads. Dengan memasang iklan di Google Ads, maka secara otomatis visibilitas website Anda pun meningkat.

Anda bisa mengiklankan beberapa kata kunci yang mewakili konten pada website Anda. Misalnya Anda memiliki produk elektronik, Anda bisa memilih kata kunci sepertiElektronik Murah Di Jakarta, Toko Elektronik Terbaik di Jakarta” dan sebagainya.

Begitu pula jika Anda menjual produk kuliner, atau website Anda menyajikan tentang referensi kuliner, Anda bisa memilih beberapa kata kunci sepertiRestoran Terbaik di Jakarta, Tempat Makanan Terenak, atau Tempat Nongkrong Terenakdan sebagainya.