Tunggu Sebentar

 

Teknologi5 Cara Jitu Jualan di Instagram Untuk Pemula

https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/sunglasses-eyewear-instagram-3382.jpg

Seiring perkembangannya, Instagram telah menjelma menjadi salah satu platform social media yang digunakan sebagai media pemasaran online. Platform berbagai foto dan video ini terbukti ampuh mendatangkan penjualan. Tak heran jika banyak pelaku usaha yang memanfaatkan Instagram sebagai media promosi bisnis.

Jika dikelola secara benar, Instagram bisa dijadikan sebagai alat jualan yang efektif. Bagi Anda yang ingin memafaatkan akun IG sebagai media jualan, berikut ini merupakan tips jualan di Instagram untuk pemula yang bisa Anda ikuti, antara lain:

Buat Akun Khusus Jualan di Instagram

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat ingin berjualan di Instagram adalah membuat akun Instagram bisnis yang khusus untuk mempromosikan produk.

Akun bisnis memudahkan Anda untuk memantau perkembangan jualan di Instagam. Dengan akun bisnis, Anda lebih mudah melihat tingkat keberhasilan promosi melalui fitur insight yang tersedia di Instagram bisnis.

Buatlah akun yang mencerminkan produk yang Anda jual, misalnya jika Anda ingin berjualan produk kuliner yang berbasis di Jakarta, Anda bisa membuat akun resmi dengan nama @kulinerenak_jakarta atau @makananenak_jakarta dan sebagainya.

Sajikan Konten Yang Menarik

Instagram dirancang khusus sebagai media berbagi konten visual. Jika Anda ingin berjualan di Instagram, sajikanlah konten berupa foto dan video yang menarik tentang produk Anda. Cara ini terbukti efektif sebagai strategi jualan di Instagram untuk pemula.

Selain mengunggah foto dan video yang menarik, Anda juga harus melengkapi konten dengan caption yang berisi informasi tentang konten yang Anda unggah. Anda bisa menuliskan deskripsi singkat dari produk yang Anda unggah, seperti harga, bahan baku dan keunggulan produk.

Buat Jadwal Posting Yang Konsisten

Cara ini sangat penting dilakukan sebagai teknik jualan di Instagram untuk pemula. Mengunggah konten jualan di Instagram secara teratur berdampak pada peningkatan engagement rate. Akun yang memiliki jadwal posting yang konsisten lebih mudah menjangkau target pasar yang potensial.

Anda bisa menggunakan tools untuk menjadwalkan postingan di Insgtram. Salah satu tools scheduler yang paling banyak diminati adalah Hootsuit dan Iconosquare. Ke dua nya bisa Anda gunakan secara gratis, namun Anda bisa beralih ke versi berbayar untuk mendapatkan beberapa fitur penunjang lainnya.

Mainkan Hashtag Populer

Tanda pagar (#) atau hashtag merupakan salah satu elemen penting bagi pengguna Instagram. Hashtag seperti kata kunci yang memudahkan audiens untuk menemukan produk yang Anda unggah di

Instagram. Anda bisa menggunakan hashtag populer dengan volume tinggi untuk meningkatkan visibilitas konten Anda di pencarian Instagram.

Untuk meriset hashtag yang tepat, Anda bisa menggunakan tools Allhashtag.com. Gunakanlah maksimal 30 hashtag setiap kali Anda mengunggah konten di Instagram. Urutkanlah hashtag yang ingin Anda gunakan dari yang paling besar volumenya. Namun, jangan gunakan hashtag secara berlebihan, apalagi hashtag yang tidak sesuai dengan produk yang Anda promosikan di Instagram.

Kerjasama Dengan Selebgram

Selebgram atau selebritis Instagram merupakan bagian dari teknik Influencer marketing. Selebgram adalah orang yang memiliki pengaruh di Instagram. Seorang Selebgram biasanya memiliki banyak followers yang bisa Anda manfaatkan untuk menjaring konsumen potensial.

Sebelum memilih Selebgram yang tepat, Anda bisa melakukan riset terhadap akun Selebgram tersebut melalui tools Socialblade.com. Perhatikan tingkat engagement yang dimiliki Selebgram yang Anda pilih. Semakin tinggi engagement rate nya, maka semakin tinggi pula tingkat keberhasilan promosi yang dilakukan Selebgram tersebut.