Tunggu Sebentar

 

Hiburan5 Cara Meningkatkan Kreativitas Anda

ninaFebruari 20, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/photo-of-sticky-notes-and-colored-pens-scrambled-on-table-632470.jpg

Kreativitas tidak hanya penting bagi mereka yang bekerja di bidang kreatif, namun juga penting bagi seorang pebisnis. Dengan kreativitas, seorang pebisnis dapat terus berinovasi dan berkompetisi dengan kompetitor di lini yang sama. Namun terkadang padatnya rutinitas membuat kreativitas tumpul karena terjebak di rutinitas yang itu-itu saja.

Apakah hal ini sedang terjadi pada Anda? Jika iya, sebaiknya jangan dibiarkan terlalu lama. Anda bisa mencoba melakukan beberapa hal berikut untuk menumbuhkan kembali kreativitas Anda.

Cobalah hal-hal baru

Dalam film The Secret Life of Walter Mitty, Mitty terjebak di situasi yang ‘memaksa’ ia untuk melakukan hal-hal baru. Namun siapa sangka, justru dengan melakukan hal-hal tersebut, Mitty menemukan hidup baru yang lebih bermakna. Ia menjadi lebih bersemangat dalam menjalani hidupnya.

Namun bagaimana dengan Anda? Kapan terakhir Anda melakukan hal-hal baru? Cobalah untuk mulai mempelajari hal-hal yang selama ini Anda abaikan karena kesibukan. Siapa tahu dengan melakukan hal-hal baru tersebut Anda bisa memunculkan kreativitas dari dalam diri Anda yang selama ini tumpul karena rutinitas yang membosankan.

Ciptakan Mimpi Baru

Ketika hidup Anda sudah tiba di titik yang selama ini Anda idam-idamkan, itu artinya Anda membutuhkan sebuah mimpi baru. Ingatkah Anda dengan memiliki mimpi sebelumnya Anda menjadi lebih kreatif karena selalu mencari jalan agar mimpi tersebut terlaksana? Maka agar kreativitas Anda tidak tumpul, ciptakanlah mimpi-mimpi baru. Sebuah mimpi baru tidak harus sebuah mimpi yang spektakuler, namun pilihlah mimpi yang berarti bagi Anda.

Tuliskan Ide-ide Anda

Menulis adalah cara konvensional yang masih ampuh hingga kapanpun. Itu sebabnya hampir semua merk smartphone masih menyisipkan aplikasi diary atau notepad pada sistem mereka. Karena kegiatan menulis akan selalu dibutuhkan untuk mengurai ide dan pikiran yang menumpuk di kepala.

Lakukan kegiatan menulis secara teratur dan biarkan ide-ide Anda mengalir. Pertama kali menulis, Anda mungkin bingung akan hal apa yang ingin Anda tulis. Sebaliknya, jangan terlalu berfikir. Tulis saja hal-hal yang ingin Anda tulis untuk merangsang kreativitas Anda kembali muncul ke permukaan.

Berkumpul dengan Orang-orang yang Kreatif

Di usia yang matang, Anda tentu sudah memahami bahwa ada berbagai macam manusia dengan segala tingkah laku positif dan negatifnya. Dan hal tersebut juga dapat berpengaruh pada Anda, sehingga Anda perlu lebih selektif dalam memilih teman untuk berkumpul.

Tidak ada yang memaksa Anda untuk berteman dengan orang-orang yang negatif, karena aura negatif pun menular. Berkumpullah dengan orang-orang yang memberi Anda inspirasi, kebaikan hati, serta kreativitas yang tinggi agar aura positif Anda tinggi dan kreativitas Anda tumbuh kembali.

Lakukan Hal-hal yang Anda Sukai

Semua ada waktunya. Ada waktu untuk bekerja, ada waktu untuk mengasah gergaji Anda. Ingatkah Anda bahwa ‘mengasah gergaji’ juga termasuk dalam the 7th Habits of Highly Effective People? Di tengah kesibukan, Anda selalu membutuhkan waktu jeda agar energi dan kreativitas Anda tetap terjaga.

Bagaimana cara mengasah gergaji? Anda yang paling tau mana yang terbaik untuk Anda. Ada orang yang mengasah gergaji dengan cara melakukan hobi, ada yang lebih suka pergi liburan bersama keluarga, ada yang diam membaca buku di rumah, ada pula yang senang travelling ke tempat-tempat menantang seperti gunung dan pantai. Lakukan hal ini secara berkala, untuk menjaga ‘gergaji’ Anda tetap tajam.

—-

Rutinitas memang terkadang menumpulkan kreativitas, namun bukan berarti Anda tidak bisa mengakalinya. Dengan menerapkan beberapa hal di atas, semoga kreativitas Anda kembali dan bisnis Anda kembali lancar.