Tunggu Sebentar

 

Teknologi5 Ide Bisnis IT Menjanjikan di Tahun 2020

Andreas Rifto DevaFebruari 11, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/500_F_200146356_qoEcOakAeluleHhHfzG90aYR402tTGGA.jpg

Berbicara IT di era sekarang ini sudah bukan menjadi sesuatu yang asing lagi. Hampir segala aspek kehidupan sudah tidak bisa lepas dari IT. Karenanya IT sudah menjadi keharusan untuk dikuasai supaya tetap bisa bersaing di era sekarang ini. Seseorang yang gagap teknologi akan sangat rawan tertinggal dalam banyak aspek kehidupan.

Beragam fungsi IT dalam kehidupan juga menumbuhkan banyak alternatif bisnis yang bisa dilakukan. Dengan IT bisnis tidak selalu harus dimulai dengan modal uang yang banyak. Memang uang tetaplah penting, akan tetapi di industri ini pengetahuan dan kreatifitas menjadi yang paling utama.

Berikut adalah 5 ide bisnis di bidang IT yang memiliki potensi untuk tetap eksis dan berkembang di tahun 2020 ini.

Pembuat Produk Online

Produk yang dapat dijual saat ini tidak hanya berupa barang fisik. Produk yang tidak berwujud atau hanya berupa file online juga bisa menarik minat pembeli. Karenanya akhir-akhir ini orang yang tertarik di bidang ini juga semakin banyak dan produknya juga menjadi semakin beraneka ragam.

Beberapa contoh produk online yang dapat dibuat seperti template video, template power point, pelatihan online, tools untuk sosial media seperti facebook, instagram, whatsapp, dll.

Beberapa contoh diatas hanya sebagian kecil dari produk online yang dapat dijual kepada konsumen. Supaya bisa bersaing, developer produk online harus memiliki kreatifitas untuk membuat solusi terhadap masalah yang dimiliki konsumen dan mengolahnya menjadi suatu produk.

Penjual Online

Ketika hampir semua aktifitas berjalan dengan teknologi maka tidak terkecuali untuk aktifitas jual beli. Jual beli dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat secara online. Produk yang dapat diperjual belikan juga sangat beraneka ragam.

Untuk memulai menjadi penjual online, bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satu yang paling umum dan hampir sama seperti berjualan pada umumnya adalah dengan menjadi supplier atau reseller dan menjual barang dagangan secara online. Namun kekurangan dari model bisnis ini adalah harus memiliki modal yang cukup untuk membeli supply barang terlebih dahulu.

Sementara untuk berjualan online dengan modal yang lebih kecil bisa dilakukan dengan melakukan dropship atau affiliate. Dengan skema ini penjual tidak harus memiliki stok barang terlebih dahulu namun tetap bisa berjualan dan memperoleh penghasilan dari selisih harga untuk dropship sementara affiliate bisa memperoleh hasil berupa komisi.

Internet Marketer

Jual beli di era yang serba teknologi menuntut adanya perkembangan didalam proses periklanan supaya dapat menjangkau calon konsumen. Internet marketing menjadi salah satu kegiatan yang dibutuhkan untuk menunjang jual beli secara online.

Adanya kebutuhan ini menjadikan peluang bagi orang yang memiliki skill di bidang ini untuk menawarkan jasanya kepada penjual online. Orang yang melakukan aktifitas memasarkan secara online disebut dengan internet marketer.

Untuk memulai menjadi seorang internet marketer modal yang paling utama adalah pengetahuan dan pengalaman. Karenanya bisnis ini bisa cocok bagi siapa saja yang mau belajar dan memulai sedini mungkin.

Influencer

Perkembangan sosial media yang sangat pesat menjadikan influencer sebagai salah satu usaha yang sangat menarik. Dengan menjadi influencer seseorang akan mempromosikan sesuai kebutuhan pelanggan terhadap para pengikutnya.

Menjadi influencer terlihat gampang, namun untuk sampai pada titik diakui sebagai influencer dan mendapat tawaran kerjasama dari berbagai brand tentunya membutuhkan usaha yang tidak gampang. Selain itu seorang influencer harus bisa menarik perhatian sebanyak mungkin orang untuk menjadi pengikutnya.

Social Media Manager

Akun sosial media yang besar apalagi untuk tujuan komersil tentunya harus dikelola dengan baik. Akan tetapi tidak semua orang bisa dan mau meluangkan waktunya untuk mengatur postingan yang menarik, caption yang menarik,dll.

Oleh karena itu akun sosial media perlu dikelola oleh orang profesional yang dapat mengatur beragam kontennya supaya membuat orang tertarik. Jasa ini memiliki peluang untuk terus bertumbuh di tahun 2020 ini sampai tahun-tahun mendatang.

Memulai bisnis di bidang IT merupakan langkah yang tepat untuk era sekarang ini karena setiap tahun semua yang masih konvensional mulai beralih menggunakan IT. Selain itu dengan mulai masuknya 5G di tahun 2020 ini sektor IT masih sangat berpeluang untuk bertumbuh lebih pesat kedepannya.