Tunggu Sebentar

 

Hiburan5 Strategi Pemasaran Online Yang Akan Menjadi Tren di Tahun 2020

https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/01/2.-Bersiaplah-Inilah-3-Tantangan-Terbesar-e-Commerce-di-Indonesia.jpg

Tak bisa dipungkiri perkembangan teknologi yang pesat sangat berpengaruh pada dunia usaha di Indonesia. Satu di antara perubahan yang terjadi pada dunia bisnis adalah strategi pemasaran online atau yang biasa disebut sebagai digital marketing. Tren pemasaran online pun semakin berkembang setiap tahunnya.

Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis online, Anda harus memperhatikan sejumlah perubahan yang terjadi pada tren pemasaran online di tahun 2020. Apa saja tren pemasaran online di tahun 2020? Mari kita simak ulasannya sebagai berikut:

Tren Strategi Pemasaran Online 2020

Social Media Marketing

Seiring perkembangannya, social media pun telah berubah menjadi mesin penghasil uang. Banyak pelaku bisnis yang berhasil menjaring konsumen potensial melalui teknik social media marketing yang dijalankan.

Social media marketing sejatinya adalah cara termudah yang digunakan untuk meningkatkan brand awareness pada bisnis yang Anda jalankan. Maka dari itu, social media marketing masih akan menjadi tren pemasaran online di tahun 2020.

Sejumlah survey menyebutkan, pengguna media sosial di Indonesia merupakan target pasar yang potensial. Pengguna medsos di Indonesia tercatat mencapai lebih dari 1 milyar pengguna. Dengan jumlah sebanyak itu, maka tak heran jika memanfaatkan medsos seperti Instagram, Facebook dan Youtube menjadi cara yang ampuh mendatangkan penjualan.

Content Marketing

Content marketing merupakan strategi pemasaran online yang sudah cukup lama digunakan oleh para pebisnis. Melalui teknik ini, banyak pelaku bisnis yang mampu menghasilkan penjualan.

Content marketing adalah metode bisnis online yang dilakukan melalui penyajian konten yang menarik. Konten yang disajikan bisa berupa artikel blog, copywriting, juga konten visual seperti foto dan video.

Untuk menjalankan content marketing, pastikan Anda telah memiliki aset digital seperti website bisnis, akun medsos bisnis, akun marketplace yang telah dioptimasi untuk keperluan content marketing.

Search Engine Marketing (SEM)

SEM adalah metode pemasaran online melalui mesin pencari. Teknik ini menjadi tren pemasaran online yang selalu berkembang dan diminati di tahun 2020. Umumnya, mesin pencari yang kita kenal adalah Google. Strategi SEM melalui mesin telusur Google dapat dilakukan melalui

Platform iklan bernama Google Ads (dulu Google Adwords).

Menjalankan SEM dapat menghasilkan banyak keuntungan, antara lain; bisnis yang dipromosikan akan selalu muncul di halaman pertama pencarian digital, daya jangkau Google Ads sangat luas dan berpotensi menjangkau konsumen potensial, dan yang terpenting SEM cenderung lebih mudah dipelajari.

Search Engine Optimization (SEO)

Teknik SEO menjadi salah satu tren pemasaran online yang diminati di tahun 2020. Seiring perkembangannya, SEO menjadi teknik pemasaran online yang digunakan untuk mendatangkan audiens organik melalui pencarian digital.

Perilaku konsumen yang cenderung melakukan riset digital sebelum memutuskan untuk membeli produk, menjadikan teknik SEO kerap digunakan sebagai srategi untuk menjaring konsumen potensial.

Dalam bahasa sederhana, SEO adalah upaya untuk meningkatkan visibilitas bisnis pada daftar penelusuran online. Hingga saat ini, SEO digunakan untuk mengubah setiap page yang ada di website menjadi landing page, atau pintu masuk audiens.

Teknik SEO memang tidak mudah dipelajari karena membutuhkan berbagai rumus, formula dan analisa yang serius. Namun, teknik SEO sangat tepat digunakan bagi Anda yang ingin membangun reputasi bisnis dalam jangka panjang.

Influencer Marketing

Influencer marketing menjadi salah satu tren strategi pemasaran online yang diminati di tahun 2020. Indluencer marketing merupakan strategi pemasaran dengan bantuan para influencer seperti selebgram, vlogger, youtuber, dan siapa pun yang berpengaruh di platform digital.

Orang yang disebut sebagai influencer setidaknya memiliki sedikitnya 10 ribu followers pada akun medsosnya. Dengan followers sebanyak itu, influencer bertugas untuk mempromosikan suatu bisnis melalui akun medsos nya. Lewat cara itu, sebuah bisnis yang dipromosikan akan dilihat oleh ribuan audiens yang kemungkinan besar merupakan calon konsumen potensial.