Tunggu Sebentar

 

Hiburan5 Tips Jitu Bisnis Online Untuk Pemula

https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/pexels-photo-3182752-1280x853.jpeg

Tak bisa dipungkiri bahwa menjalankan bisnis online telah menjadi salah satu cara yang ampuh mendatangkan keuntungan. Bisnis online juga mudah dijalankan dari mana saja dan kapan saja. Bagi Anda yang mencoba peruntungan di bisnis online, ada beberapa cara jitu bisnis online untuk pemula yang bisa anda jalankan. Apa saja itu?

Strategi Bisnis Online Untuk Pemula

Sebelum Anda menjalankan strategi ini, pastikan Anda sudah memiliki aset digital berupa akun social media bisnis, website bisnis, atau toko online. Jika sudah memiliki aset digital, anda hanya harus mengikuti cara berikut ini:

Menyajikan Keunikan Produk

Carilah nilai unik yang dimiliki oleh produk yang anda jual. Produk unik bukan berarti produk langka atau yang dijual terbatas. Keunikan produk bisa Anda ciptakan sendiri.

Produk yang unik biasanya diburu oleh konsumen. Contoh yang paling mudah Anda temui adalah produk es kopi susu kekinian. Coba Anda amati apa keunikan yang mereka sajikan dalam setiap produknya?

Es kopi susu kekinian biasanya menyasar pangsa pasar anak muda dan generasi milenial, maka dari itu mereka kerap menggunakan jargon-jargon receh dalam produk yang mereka jual. Misalnya Es Kopi Susu Baper, Es Kopi Susu Rindu, Es Kopsus Mantan, dan lain sebagainya.

Jargon tersebut mereka sajikan dalam kemasan menarik yang Instagramable. Cara ini terbukti efektif menarik perhatian konsumen.

Lakukan Riset Terhadap Kompetitor

Saat Anda berbisnis online, memantau produk kompetitor adalah hal yang lazim dilakukan. Meriset kompetitor, bukan berarti Anda juga harus menyediakan produk yang sama dengan yang mereka sajikan.

Cobalah teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) versi Anda saat melakukan riset terhadap kompetitor. Anda bisa melihat kenapa produk mereka laku? Apa kelebihan produk mereka dibandingkan produk yang anda jual? Bagaimana cara promosi yang dilakukan kompetitor? Dan masih banyak lagi.

Penuhi Kebutuhan Pasar Anda

Penyebab utama pelaku bisnis online gagal adalag karena mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan pasarnya. Maka dari itu, sebelum Anda berbisnis online, sebaiknya Anda memahami produk yang Anda jual secara mendalam.

Tampilkan produk Anda sebagai jawaban dari masalah yang dihadapi pasar. Di dunia digital, Anda tidak bisa menebak-nebak seolah Anda mengetahui kebutuhan konsumen.

Lakukanlah riset dan observasi terhadap target konsumen Anda, cobalah untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi untuk menjawab produk apa yang mereka inginkan.

Anda bisa melakukan observasi digital melalui grup jual beli yang ada di forum-forum social media.

Promosikan Produk Kepada Target Yang Sesuai

Dari hasil observasi pasar yang Anda lakukan, tentunya Anda bisa menentukan target pasar yang tepat. Target pasar yang jelas akan menentukan seberapa efektif teknik promosi yang Anda gunakan.

Cobalah untuk membuat daftar audiens dengan mengelompokkannya sesuai demografi target Anda. Misalnya dengan mengetahui pekerjaan mereka, rentang usia, kegemaran mereka, bahkan jenis kelamin dan kebiasaan yang mereka lakukan saat membeli produk.

Ingat, Anda juga harus mengiklankan produk yang Anda jual. Biaya yang dikeluarkan untuk mengiklankan produk di social media seperti Facebook atau Instagram memang tidak bisa dibilang murah. Maka dari itu, agar biaya yang Anda keluarkan tidak sia-sia, Anda harus memiliki target pasar yang jelas.

Jalankan Strategi Digital Marketing

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan penjualan. Salah satunya melalui teknik digital marketing atau pemasaran online.

Digital marketing tidak sebatas pada beriklan di medsos atau internet, digital marketing merupakan rangkuman sejumlah teknik yang bertujuan untuk mendatangkan penjualan dari internet.

Beberapa teknik digital marketing yang populer adalah, Search Engine Marketing (SEM) dan Seach Engine Optimization (SEO). SEM digunakan untuk mengiklankan produk melalui Google Ads, sementara SEO digunakan untuk menjaring traffic secara organik.