Tunggu Sebentar

 

Kecantikan5 Tips Memulai Startup di Bidang Kecantikan

DevaFebruari 13, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/pexels-photo-2688991.jpeg

Memulai Startup. Menjadi cantik adalah impian setiap wanita. Oleh karena itu, bisnis di bidang kecantikan, mulai dari make up hingga skincare laris manis di pasaran. Tidak sedikit pengusaha yang melihat peluang ini dan mencoba untuk memulai startup di bidang kecantikan. Makanya jangan heran jika saat ini banyak sekali merek skincare, make up lokal serta rumah kecantikan yang tersebar di Indonesia.

Hasilnya, ada yang gagal namun ada juga yang berhasil. Tergantung bagaimana si pemilik usaha bersaing dengan startup lain di bidang yang sama. Jika tertarik di bidang ini, artikel berikut akan membahas lebih lanjut bagaimana caranya memulai startup di bidang kecantikan serta tips agar sukses menggeluti bidang ini.

Membuat Startup Kecantikan

Startup kecantikan tidak bisa tiba-tiba lahir tanpa ada persiapan yang matang. Tidak hanya produk kecantikan yang akan diproduksi, atau layanan kecantikan apa saja yang akan ditawarkan, namun Anda harus memikirkan bagaimana cara menjual produk startup kecantikan ini. Oleh karena itu Anda perlu tahu bagaimana langkah yang tepat untuk memulai startup di bidang kecantikan.

Baca Juga : Cara Menjadi Entrepreneur di Bidang Kecantikan yang Sukses

1. Menyusun ide Kreatif

Untuk merealisasikan peluang bisnis startup kecantikan, diperlukan ide produk atau jasa kecantikan yang akan dibuat. Tuliskan ide-ide yang muncul dalam note dan susun dalam sebuah rencana bisnis. tidak perlu memaksakan membuat ide-ide yang unik, asalkan startup kecantikan yang akan dibuat bisa menyelesaikan permasalahan yang dialami banyak orang, maka pasti akan sukses.

2. Membuat Rancangan Bisnis atau Business Plan

Business plan adalah jantung dalam pembuatan startup kecantikan. Business plan startup sama dengan business plan lainya. Perbedaannya hanya pada pengaplikasiannya yang menyesuaikan dengan teknologi. Misalnya, jika dulu pemasaran hanya memanfaatkan radio atau TV, setelah adanya internet, ada banyak media yang bisa digunakan, misal website atau media sosial.

3. Membuat Desain Produk Kecantikan yang Menarik

Desain produk kecantikan tidak hanya kemasan luar yang membalut produk dalam bentuk fisik yang menarik. Anda harus bisa menarik minat konsumen dengan citra produk yang bagus. Karena tidak bisa disangkal, meskipun isinya jauh lebih penting, tapi kesan pertama harus tetap menggoda, sehingga konsumen membeli produk Anda.

4. Mengembangkan Produk Kecantikan yang Dibuat

Setelah berhasil menciptakan suatu produk, produk tersebut harus terus dikembangkan. Jangan hanya puas dengan satu jenis produk atau layanan saja, namun harus terus berinovasi. Kenapa? Karena di tahun 2020 ini, startup di bidang kecantikan juga pasti akan terus bermunculan. Belum lagi persaingan dengan produk yang sudah memiliki nama.

Baca Juga : 5 Tips Memulai Startup di Bidang Kecantikan

5. Menaksir Harga Jual

Menjalankan usaha, tujuannya pasti mendapatkan laba. Tidak perlu mengejar laba terlalu banyak di awal, asal bisa balik modal dan ada sisa untuk kepentingan lainnya sudah lebih dari cukup. Seiring berjalannya waktu dan produk Anda makin laris, Anda bisa meningkatkan kualitas sekaligus harga jualnya. Sesuaikan juga dengan target pasar Anda. Jika target pasar adalah remaja, tentu harga yang dipatok jangan terlalu mahal.

Untuk memulai startup kecantikan itu sebenarnya mudah, asal bisa menembak pasar yang tepat dan harus gigih melakukan promosi. Dengan semakin banyaknya perusahaan startup di Indonesia, menunjukkan semakin meningkatnya keinginan masyarakat Indonesia untuk hidup

mandiri. Selain itu, bisnis startup juga bisa menjadi jawaban atas tingginya angka pengangguran serta kemiskinan di Indonesia.

Jadi, mau jadi bagian dari perubahan?

Baca Juga : Berkenalan Dengan 3 Kaum Muda Yang Berkutat Di Bidang Kecantikan