Tunggu Sebentar

 

Gaya Hidup5 Tips Optimasi Website Bisnis Anda

Vera AnggunFebruari 29, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/adult-businessman-close-up-corporate-428364.jpg

Makin menguatnya bisnis digital mendorong semua usaha juga bergerak mengiringinya. Langkah pertama yang mungkin Anda lakukan adalah langsung membuat website untuk bisnis Anda. Dari website, Anda bisa memperoleh banyak keuntungan seperti bisnis yang standby 24 jam, customers yang bisa mengunjungi Anda kapan saja, kemudahan beriklan melalui google ads, meningkatkan edukasi serta awareness kepada pengunjung website, sekaligus melakukan penjualan.

Namun seiring waktu, dunia Internet akan penuh sesak dengan banyaknya website bisnis yang ingin merebut hati konsumen. Lalu bagaimana dengan website bisnis Anda? Apakah ia mampu bersaing dengan website serupa? Kali ini memulai.id akan membahas bagaimana Anda bisa mengoptimasi website bisnis Anda agar bisa bersaing dengan baik di world wide web.

  • Google Analytics

Langkah pertama dalam mengoptimasi website bisnis Anda adalah, Anda perlu mengerti bagaimana performa website dan informasi spesifik apa yang bisa website tersebut dapatkan untuk Anda. Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan hal-hal tersebut.

Dari data GA, Anda bisa melihat karakteristik pengunjung website Anda mulai dari demografi, kata kunci, halaman yang paling banyak dikunjungi, berapa lama mereka tinggal di website Anda dan masih banyak lagi. Dari data ini, Anda bisa memahami apa dan bagaimana karakteristik customer yang meminati produk atau layanan Anda. Dan menjadi feedback bagi Anda untuk merancang produk atau layanan secara tepat sasaran.

Selain Google Analytics, ada pula platform statistik berbayar yang menyediakan informasi terkait pengunjung website Anda. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Google Search Console

Jika data Google Analytics dapat Anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis Anda, maka Google Search Console menjaga website Anda tetap sehat. Dari platform ini, Anda akan mendapatkan informasi sejauh mana website Anda bekerja. Berapa halaman yang terdeteksi bermasalah dan berapa yang tidak.

Google Search Console juga akan memberikan peringatan jika ada yang salah dengan website Anda. Seperti penempatan gambar yang tidak sempurna, broken links yang terdeteksi, kecepatan website Anda ketika dibuka di browser, Anda dan masih banyak lagi. GSC penting untuk website bisnis Anda agar tetap tampil dengan performa yang baik di mesin pencari.

  • SEO (Search Engine Optimization)

Seperti namanya, SEO memang berkaitan dengan hasil di laman pencarian google. Karena internet penuh sesak, Anda perlu menetapkan kata kunci spesifik yang bisa Anda bidik untuk menjaring customer yang tepat. Tidak hanya terkait website, SEO juga bisa Anda terapkan dalam artikel serta gambar yang ada di dalam website Anda.

Jika Anda menggunakan CMS (Content Management System) seperti WordPress, Anda bisa memasang plugin seperti YOAST SEO. Pelajari secara seksama agar performa website Anda semakin paripurna.

  • Gunakan Visual Marketing

Ada banyak pengunjung yang mendatangi website kita, namun tidak semuanya menyukai kata-kata. Beberapa pengunjung mungkin lebih suka membaca secara skimming; yaitu teknik membaca cepat dengan hanya memperhatikan point-point yang mereka cari. Karena inilah Anda perlu memanfaatkan tayangan website secara visual marketing, seperti infografis atau gambar-gambar yang menarik.

Menerapkan Visual marketing juga menguntungkan karena cenderung menarik pembaca untuk membagikannya di berbagai platform seperti Instagram, Facebook dan Twitter sehingga memudahkan Anda dan juga customer Anda untuk berbagi informasi dari website Anda.

  • Jaga Enggagement

Melakukan enggagement dengan customer adalah hal yang penting, dan ini bisa Anda lakukan melalui website Anda. Sediakan satu page khusus atau pop up customer service dimana mereka bisa langsung berinteraksi dengan Anda. Dengan cara ini pula, Anda bisa mendapatkan feedback terkait produk atau layanan yang Anda berikan untuk pengembangan bisnis Anda kedepan.