Tunggu Sebentar

 

Gaya Hidup6 Pilihan Modal Awal Dalam Membangun Startup

DevaFebruari 12, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/1.-6-Pilihan-Modal-Awal-Dalam-Membangun-Startup.png

Membangun dan merintis startup kini menjadi pilihan yang cukup menarik kaum muda dibandingkan dengan bekerja sebagai karyawan. Namun membangun usaha rintisan atau startup ini tentunya perlu dipikirkan secara matang, baik konsep ide, manfaat, serta yang paling penting adalah modal awal untuk mendirikannya. Modal menjadi salah satu hal yang cukup penting karena data menyebutkan, banyaknya startup yang gulung tikar akibat kekurangan modal awal dan berbagai macam permasalahan dalam pendanaan.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dan kita ketahui dalam menggalang modal awal untuk membangun startup, khususnya mencari sumber modal startup. Berikut beberapa sumber modal yang bisa menjadi referensi atau pilihan Anda.

  1. Dana Pribadi

Jika Anda memiliki sejumlah dana pribadi atau aset yang cukup, Anda bisa menggunakan ini sebagai modal awal Anda.

  1. Keluarga Atau Teman

Untuk mendapatkan bantuan dana dari keluarga atau teman, tentunya Anda perlu menjelaskan prospek dari startup yang akan Anda bangun, serta Anda juga bisa menawarkan sistem bagi hasil dan perjanjian pengembalian yang jelas. Membuka bisnis bersama keluarga atau teman dekat, mungkin bisa menjadi solusi yang menarik.

  1. Pinjaman Bank

Pinjaman Bank menjadi salah satu pilihan yang paling mudah. Jika pinjaman Bank adalah pilihan Anda, maka Anda harus memerhatikan ketentuan – ketentuan yang harus Anda penuhi dan terima dari Bank tersebut. Pikirkan dan perhitungkan dengan baik risiko dari pinjaman yang akan Anda ambil.

  1. Angel Investor

Angel Investor adalah, individu atau kelompok yang mendanai pembangunan startup yang akan mulai dirintis. Terdapat beberapa Angel Investor di Indonesia yang siap untuk membiayai startup Anda, namun tentunya konsep yang Anda bangun harus cukup meyakinkan dan dinilai memiliki keuntungan panjang ke depannya.

  1. Modal Ventura

Modal Ventura hampir mirip dengan Angel Investor, namun modal Ventura cenderung lebih fokus pada startup yang sudah berkembang, bukan startup awal yang baru dirintis. Sehingga biasanya Modal Ventura memiliki kriteria dan ketentuan yang lebih ketat pada sistem seleksinya.

  1. Kompetisi Startup

Saat ini kompetisi startup mulai bermunculan, dan ini akan menjadi gerbang pembuka bagi Anda yang sedang mencari Investor untuk mendanai pembangunan startup Anda. Anda bisa mengikuti beberapa kompetisi ini.

Bagaimana? Di antara 6 pilihan pengadaan modal awal ini, mana yang akan menjadi pilihan Anda?