Tunggu Sebentar

 

Gaya Hidup7 Tips Bisnis yang Efektif Bagi Pemula

ninaFebruari 18, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/man-wearing-black-zip-up-leather-jacket-1182825.jpg

Semua pebisnis sukses awalnya adalah seorang pemula. Mereka tidak begitu saja langsung memiliki bisnis sukses yang menjadi dambaan banyak orang. Perlu proses dan usaha untuk mencapai ke titik yang mereka capai sekarang.

Namun meskipun membuat dan menjalankan bisnis secara konsisten tidaklah semudah yang dibayangkan, banyak pebisnis yang sudah berhasil membuktikannya. Anda juga bisa berhasil seperti mereka. Jika Anda adalah pemula dalam memulai bisnis, berikut adalah 7 tips bisnis efektif yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda.

1.Fokus Kepada Bisnis yang Anda Kuasai

Ada banyak bisnis di luar sana yang dapat Anda geluti. Namun sebaiknya pilihlah yang benar-benar Anda kuasai atau sesuai dengan passion Anda. Jika Anda seorang pencinta otomotif, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat bengkel atau menjual onderdil kendaraan. Jika Anda pecinta tanaman, Anda bisa memulai dengan menjual bibit atau menjual tanaman organik atau tanaman hidroponik yang saat ini tengah hits.

Semakin tinggi minat Anda terhadap bisnis yang Anda jalankan, Anda akan lebih mudah mengelola dan mengatasi segala hambatan yang akan Anda temukan dalam mengelola bisnis Anda.

2. Susun Strategi Marketing yang Tepat

Susun marketing yang tepat untuk memasarkan pelayanan atau produk yang Anda hasilkan. Susun secara detil sasaran customer Anda mulai dari gender, umur hingga demografi customer. Rencanakan bagaimana Anda memasarkan produk Anda untuk pertama kali. Apakah Anda akan memperkuat pemasaran secara online atau secara offline. Dengan menetapkan strategi yang tepat bukan tidak mungkin usaha Anda akan lebih cepat berkembang.

3. Gunakan Pendanaan Dengan Bijak

Anda mungkin bisa memperkirakan pada tahun ke berapa Anda bisa menyentuh titik ROR (rate of return) bagi bisnis yang Anda jalankan. Hingga saat itu tiba, Anda sebaiknya disiplin dalam menetapkan pendanaan. Pisahkan keuangan bisnis Anda dari keuangan pribadi. Gunakan profit yang dihasilkan saat ini untuk pendanaan bisnis selanjutnya hingga titik ROR Anda capai.

4. Pelajari Kompetitor

Mempelajari kompetitor sangat penting untuk menemukan kelebihan serta kelemahan pada produk atau layanan mereka. Dari sini, Anda bisa membuat produk atau layanan baru yang lebih sempurna dari kompetitor Anda. Bersainglah secara sehat dengan kompetitor dengan cara terus meningkatkan kualitas layanan dan produk Anda.

5. Utamakan Pelayanan

Pelayanan merupakan hal yang sangat penting di dalam bisnis. Hal ini juga terkait dengan marketing word of mouth yang akan terjadi jika Anda memberikan pelayanan yang baik atau pelayanan yang buruk. Seringkali, customer yang puas dengan pelayanan Anda akan membawa customer lain kepada

Anda. Sebaliknya, customer yang tidak puas dengan pelayanan Anda akan mengabarkan kepada customer lain betapa buruknya pelayanan Anda. Dan Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

6. Belajar dari Komunitas

Bergabunglah dengan komunitas pengusaha yang sudah lebih dulu merasakan asam garam dalam dunia bisnis. Dengarkan nasihat mereka, dan jika sesuai terapkan pada bisnis Anda. Komunitas yang baik akan mendukung bisnis Anda untuk tumbuh dan berkembang.

7. Gunakan Social Media

Dunia digital tidak dapat ditampik menjadi kanal yang efektif untuk memperkenalkan dan memasarkan produk Anda. Bangunlah website, buat kanal Social Media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan Pinterest. Perkenalkan produk Anda kepada dunia. Bangun enggagement yang positif dengan calon customer Anda.

Jika Anda belum memiliki follower based yang cukup besar di dunia digital, Anda bisa menggunakan jasa blogger, dan influencer untuk membangun brand awareness yang efektif kepada calon customer Anda.

—-

Dengan menerapkan tips-tips yang tepat bukan tidak mungkin bisnis yang Anda bangun akan terus berkembang dan menjadi besar. Jangan lupa untuk selalu menjaga hubungan baik dengan customer dan dengarkan umpan balik mereka dengan tulus agar Anda bisa mengembangkan produk dan layanan Anda secara lebih baik lagi.