Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupHiburanApa Itu Influencer Marketing? Apakah Untungnya Untuk Bisnis?

https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/food-pizza-woman-beautiful-3326713.jpg

Influencer marketing menjadi salah satu strategi populer yang dijalankan para pelaku usaha. Strategi pemasaran ini dilakukan dengan bantuan influencer, atau orang yang memiliki pengaruh di jagat social media. Seorang influencer setidaknya memiliki banyak followers, minimal 10.000 followers. Lantas apa keuntungan yang bisa didapatkan dari influencer marketing?

Manfaat Menggunakan Influencer Untuk Bisnis

Jumlah followers mereka yang banyak, menjadikan influencer dianggap mampu menjaring lebih banyak konsumen. Influencer pun tidak harus dari kalangan artis atau tokoh terkenal. Siapa pun bisa menjadi influencer asalkan mampu menyajikan konten yang menarik.

Berikut merupakan keuntungan menggunakan influencer:

  • Membangun Brand Awareness

Menggunakan influencer menjadi salah satu cara yang efektif dalam membangun brand awareness. Jika brand awareness sebuah produk meningkat, maka akan berdampak pada kepercayaan konsumen. Seorang influencer dapat membantu Anda untuk membangun kredibilitas terhadap bisnis yang mereka promosikan.

  • Menjaring Konsumen Potensial

Influencer marketing juga digunakan untuk menjaring konsumen potensial. Dengan followers yang banyak, influencer dianggap mampu untuk menemukan target pasar yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan.

Karena kemungkinan besar konsumen potensial yang sesuai dengan target pasar Anda menjadi followers akun sosmed dari influencer yang Anda ajak kerjasama.

  • Menjangkau Pasar Yang Lebih Luas

Jika produk yang Anda jual merupakan produk baru, maka menggunakan jasa influencer dapat menjadi cara yang tepat untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Dengan bantuan followers yang banyak, setiap konten yang dipromosikan oleh influencer tentu akan tampil di halaman pencarian social media. Anda bisa memanfaatkan kelebihan yang mereka miliki itu dalam mempromosikan bisnis yang Anda jalankan.

Cara Menjalankan Influencer Marketing

Setelah Anda menemukan influencer yang tepat, Anda juga harus memahami penerapan strategi influencer marketing, sebagai berikut:

  • Menentukan Konsep Konten Yang Dipromosikan

Sebelum diunggah oleh influencer, Anda harus membuat konsep yang jelas dari konten yang ingin dipromosikan. Konsep yang dimaksud bisa berupa artwork konten, tema, atau informasi yang disajikan dalam konten promosi tersebut.

  • Membuat Jadwal Posting

Jadwal posting yang rutin dan sesuai target merupakan salah satu indikator keberhasilan kampanye influencer marketing. Anda bisa menggunakan beberapa tools untuk membuat jadwal posting yang teratur.

Dua tools yang populer digunakan adalah Hootsuit dan Iqonosqaure, ke duanya merupakan aplikasi yang memudahkan Anda saat mengatur jadwal posting secara otomatis.

Konten yang diunggah secara teratur dapat menjadi Key Performance Indicators (KPI) yang bisa dijadikan tolok ukur keberhasilan strategi promosi yang Anda harapkan.

  • Memberikan Brief Yang Jelas Kepada Influencer

Anda bisa memberikan arahan atau brief kepada influencer yang Anda ajak kerjasama. Dengan arahan yang jelas, influencer yang Anda ajak kerjasama akan memahami tentang arah dan tujuan dari strategi promosi yang Anda jalankan. Sehingga konten yang mereka unggah akan sesuai dengan target yang Anda inginkan.

Cara Memilih Influencer

Berikut merupakan cara yang bisa Anda lakukan saat memilih influencer, antara lain:

  1. Melihat Jumlah Followers: Pilihlah influencer yang memiliki minimal 10 ribu followers.
  2. Melihat Tingkat Engagement Rate: Semakin tinggi tingkat engagement rate yang dimiliki seorang influencer, maka semakin tinggi pula tingkat keberhasilan kampanye Anda.
  3. Pilih Yang Relevan Dengan Brand Anda: Sebaiknya Anda memilih influencer yang memiliki relevansi dengan brang yang Anda promosikan.
  4. Amati Konten Yang Disajikan: Pilihlah influencer yang selalu mengunggah konten-konten berkualitas, bermanfaat, dan mampu menarik perhatian audiens.
  5. Perhatikan Track Record nya: Sebelum Anda memilih influencer, pastikan influencer tersebut memiliki riwayat yang baik. Perhatikan apakah konten yang mereka unggah bebas dari konten kontroversial, mengandung hoax atau mendapatkan komentar tidak baik dari netizen.