Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupBeberapa Cara Agar Nilai iDEB Tetap Aman

ninaFebruari 28, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/master-card-visa-credit-card-gold-164501.jpg

Sebagai profesional dan pebisnis, terkadang kita dihadapkan pada banyak pilihan yang menantang. Misalnya ingin mengembangkan usaha namun modal terbatas. Kita lalu mencari alternatif pendanaan agar kita bisa mewujudkan mimpi tersebut.

Memperoleh pendanaan di Bank merupakan salah satu cara yang paling umum dilakukan. Melalui berbagai survei dan uji kelayakan, bisnis Anda akhirnya mendapat pendanaan dan bisa melakukan pengembangan seperti yang direncanakan. Anda senang? tunggu dulu.

Terkait Integritas

Jika Anda meminjam berdasarkan nama pribadi atau nama perusahaan, maka secara otomatis nama tersebut akan terdaftar di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan )OJK. SLIK ini pula yang akan merekam raport Anda sebagai debitur melalui Informasi Debitur SLIK atau (iDeb). Apakah nilai Anda baik atau buruk? apakah Anda layak diberikan pinjaman lagi ataukah tidak?

Jangan lupa bahwa bagi perbankan dan lembaga pembiayaan lainnya, nilai iDeb mencerminkan integritas anda. Dan ini bisa sangat berpengaruh dengan sulit tidaknya Anda mendapatkan pendanaan untuk seterusnya. Lalu bagaimana agar nilai iDeb Anda senantiasa baik-baik saja?

Nilai iDeb Anda

Meskipun sebagai debitur kemungkinan besar Anda sudah mengerti bahwa ada beberapa nilai yang diberikan SLIK OJK kepada nasabah debitur, namun kami ingatkan kembali secara singkat beberapa nilai kolektibilitas yang menggambarkan integritas Anda sebagai debitur.

Kolektibilitas merupakan klasifikasi status keadaan pembayaran angsuran bunga atau angsuran pokok dan bunga kredit oleh debitur serta tingkat kemungkinan diterimanya kembali dana yang ditanamkan dalam surat-surat berharga atau penanaman lainnya.”

  1. Kolektibilitas 1 (LANCAR) untuk pembayaran tepat waktu.
  2. Kolektibilitas 2 (DALAM PERHATIAN KHUSUS) untuk tunggakan pembayaran mulai dari 1 hingga 90 hari.
  3. Kolektibilitas 3 (TIDAK LANCAR) untuk tunggakan pembayaran mulai dari 91 hingga 120 hari.
  4. Kolektibilitas 4 (DIRAGUKAN) untuk tunggakan pembayaran mulai dari 121 hingga 180 hari.
  5. Kolektibilitas 5 (MACET) untuk tunggakan pembayaran lebih dari 180 hari.

Cara Agar Nilai IDEB Tetap Aman

Membayar tepat waktu

Membayar cicilan pinjaman secara tepat waktu adalah hal paling penting untuk Anda lakukan untuk menjaga nilai iDeb Anda tetap baik. Bila perlu, manfaatkan fasilitas autodebet pemotongan cicilan langsung dari tabungan untuk menghindari kejadian telat bayar. Dengan cara ini, Anda yang sibuk tidak perlu lagi mengingat kapan jadwal pembayaran harus dilakukan karena sistem sudah melakukannya untuk Anda.

Untuk mendapatkan fasilitas ini, silahkan menghubungi bank dimana Anda membuka rekening pinjaman dan tabungan.

Waspada Kartu Kredit

Transaksi Kartu Kredit juga terekam di iDeb. Jadi berhati-hatilah dengan kedisiplinan Anda membayar tagihan kartu kredit. Sebisa mungkin, gunsksn kartu kredit sebagai alternatif alat pembayaran dan bukan kartu hutang. Jadi segera lunasi pembayaran kartu kredit Anda setiap Anda menggunakannya.

Periksa juga tagihan kartu kredit Anda setiap bulan. Segera lunasi jika masih ada tagihan yang tersisa.

Waspada Pinjaman Online

Ya. Melakukan pinjaman online juga membuat nama Anda terdaftar di SLIK OJK. Dilansir dari cnnindonesia.com, jumlah fintech yang terdaftar di OJK saat ini adalah sebanyak 64 perusahaan. Mereka menginput data nasabah dalam sistem yang disebut Fintech Data Center.

Sehingga memiliki pinjaman online juga harus membuat Anda waspada. Karena telat membayar bisa-bisa integritas Anda dinilai buruk dan terekam di SLIK OJK.

Cek secara berkala

Anda bisa mendatangi OJK di kota Anda untuk memeriksa iDeb secara berkala. Hal ini sebagai salah satu tindakan pencegahan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di iDeb Anda. Jika ada hal-hal yang janggal, Anda bisa mendeteksinya secara cepat dan menyelesaikannya. Jangan setelah ditolak lembaga pembiayaan Anda baru terburu-buru memperbaiki iDeb Anda.