Tunggu Sebentar

 

TeknologiBersiaplah! Inilah 3 Tantangan Terbesar e-Commerce di Indonesia

Andreas Rifto DevaFebruari 6, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/01/2.-Bersiaplah-Inilah-3-Tantangan-Terbesar-e-Commerce-di-Indonesia.jpg

Tantangan terbesar e-commerce di Indonesia selalu menjadi bahan perbincangan di perusahaan start up. Internet yang terus berkembang dan maju membuat semakin banyak penduduk di Indonesia yang menjadi pengguna internet aktif. Hal ini membuat pertumbuhan e-commerce di Indonesia berkembangan dengan pesatnya, bahkan menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat di Asia.

Meski demikian, pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia terselipkan sejumlah tantangan yang harus dihadapi oleh perusahaan start up. Apalagi dengan persaingan yang semakin ketat sehingga membuat tantangan tersebut semakin berat. Untuk menjadi e-commerce terbaik di Indonesia, tentu kita harus bisa melewati tantangan tersebut. Lantas, apa saja yang menjadi tantangan tersebut? Ini dia ulasannya.

Masalah Online Digital Payment

Pembelian yang dilakukan secara online maka akan melibatkan pembayaran secara online juga. Sayangnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum paham mengenai teknologi pembayaran online, seperti internet banking, mobile banking, uang elektronik dan lain sebagainya. Bahkan, banyak dari kita yang belum familiar dengan financial banking seperti ini. Inilah yang masih tantangan terbesar e-commerce sampai saat ini.

Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa e-commerce juga menyediakan layanan berupa pembayaran di tempat atau COD. Jadi, konsumen dapat memesan suatu barang secara online dan kemudian pembayaran dilakukan setelah kurir mengantarkan barang ke lokasi Anda. Maka Anda tinggal menyediakan uang cash, layaknya melakukan transaksi konvensional yang lebih mudah untuk dipahami.

Masalah Service dan Infrastructure

Masalah terbesar dari sisi service dan infrastuktur adalah logistik. Seperti yang kita tahu, Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Logistik di Indonesia pun menjadi lebih mahal. Misalnya, layanan pengiriman truk dari Bandung ke Jakarta yang hanya dilakukan satu kali saja, sehingga membuat biaya logistik pun meningkat.

Banyak masalah dalam infrastruktur yang harus segera dibenahi untuk mengurangi biaya logistik yang kian mahal, seperti menaikkan volume kendaraan, menambah jumlah kendaraan angkut dan lain sebagainya. Namun, solusi ini tentu bukan solusi yang mudah untuk dilakukan karena berbicara masalah infrastruktur, berarti kita juga harus memiliki interaksi dengan pemerintah.

Dengan tantangan terbesar e-commerce ini, diharapkan setiap proyek pembangunan bisa dilakukan dengan cepat, agar tidak mengganggu sistem logistik di Indonesia. Operator logistik juga harus memikirkan inovasi yang bisa membantu penjual online dalam mengakses layanan logistik mereka. Jika hal tersebut sudah dicapai, penjual tidak perlu menyediakan outlet lagi sehingga cukup dengan aplikasi, maka sudah bisa beroperasi.

Kepercayaan dan Keamanan

Tantangan terakhir yang harus dilalui adalah dari sisi kepercayaan dan keamanan. Meskipun sudah banyak orang yang melakukan transaksi secara online, masih banyak pula orang yang belum percaya akan fasilitas dan keamanan yang diberikan oleh e-commerce. Apalagi dengan banyaknya kasus pencurian data dan penipuan yang sering terjadi hingga saat ini.

Masalah kepercayaan dan keamanan ini bisa disebabkan karena kurangnya tingkat literasi digital di Indonesia. E-commerce di Indonesia harus berusaha untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Indonesia. Salah satu caranya adalah memberikan keamanan yang terjamin, seperti asuransi, garansi dan upaya lain agar menarik lebih banyak konsumen.

Itulah tadi informasi mengenai tantangan sebagai e-commerce di Indonesia yang harus diselesaikan bersama. E-commerce bisa menjadi sumber pendapatan di Indonesia yang cukup besar. Oleh karena itu, berbagai tantangan ini bisa diselesaikan apabila ada kerja sama antara pihak e-commerce, pemerintah dan masyarakat. Dengan begitu, tantangan terbesar e-commerce dapat terselesaikan dengan baik.