Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupBidang Startup yang Berpeluang Sukses di Tahun 2020

Andreas Rifto DevaFebruari 16, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/black-man-reading-a-newspaper-3473492.jpg

Pertumbuhan perusahaan rintisan atau startup di Indonesia menunjukan angka yang menggembirakan. Potensi pertumbuhan ekonomi yang disumbangkan oleh bisnis yang mengunakan sarana teknologi dan informasi ini diyakini akan terus menanjak.

Ekosistem perniagaan di Indonesia saat ini pun lambat laun akan terdigitalisasi. Kendati demikian, masih saja ada orang yang berniat mendirikan startup, tapi masih bingung memilih sektor usaha apa.

Padahal, menurut Head of Developer Relations and Startup Ecosystem for Asia, Africa and the Middle East Google Sebastian Trzcinski-Clément mengungkapkan, kunci dalam membangun startup adalah pintar melihat masalah yang dihadapi sehari-hari.

Contoh saja Gojek. Gagasan awal aplikasi tersebut berasal dari masalah transportasi di Indonesia yang belum memadai. Dengan hadirnya Gojek, akses transportasi di kota-kota besar di Indonesia pun cukup terbantu. Bahkan,Gojek saat ini menjadi salah satu perusahaan yang menyandang unicorn.

Nah, bagi yang masih binggung akan mendirikan startup di sektor bisnis apa, di bawah ini akan disampaikan beberapa sektor yang berpeluang sukses di tahun ini:

Fintech

Berdasrakan data Otoritas Jasa Keungan (OJK) kebutuhan kredit UMKM di Indonesia setiap tahun membutuhkan Rp 1.700 triliun. Namun, lembaga keuangan yang ada di Indonesia saat ini hanya mampu menyalurkan Rp 700 triliun pertahun. 

Itu artinya masih banyak UMKM yang belum tersentuh oleh fasilitas kredit lembaga keuangan. Kemunculan Fintech setidaknya membantu menutupi celah tersebut. Di tahun 2020, diprediksi kemunculan startup di sektor ini akan terus berkembang.

Tapi, ingat ya,kalau mau buat Fintech harus daftar dulu ke OJK dan tentunya harus menaati segala peratuaran dan hukum di Indonesia.

Health Tech

Kebutuhan masyarakat untuk konsultasi masalah kesehatan tak akan pernah redup. Kemunculan aplikasi konsultasi kesehatan seperti  Halodoc atau Alodokter memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ini berkonsultasi dengan dokter.

Di tahun 2020 diprediksi, masyarakat yang melirik layanan konsultasi digital ini akan terus bertambah.

Education

Kemunculan startup Ruang Guru menjadi sebuah fenomena yang menarik di sektor pendidikan. Layanan bimbel online ini ternyata sangat dimiati oleh siswa dan orang tua siswa. Dengan layanan yang mudah dan terangkau, startup di sektor ini diprediksi bakal menjadi salah satu yang paling banyak diminati oleh masyarakat.

So, bagi kalian yang ingin mendirikan usaha rintisan, jangan pantang menyerah. Terus berinovasi dan raih peluangmu.