Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupCara Ampuh Mendatangkan Penjualan Untuk Produk UMKM

Andreas Rifto DevaFebruari 25, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/garage-sale-1087727.jpg

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan sektor bisnis yang semakin berkembang di Indonesia. UMKM di Indonesia bahkan memiliki kontribusi sebesar 60 persen dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Seiring perkembangannya, UMKM bahkan telah mampu menembus pasar global. Hal ini terbukti lewat beberapa produk UMKM yang telah di pasarkan di pasar internasional. Satu di antara produk UMKM yang diminati pasar luar negeri adalah Schmiley Mo. Produk UMKM berbasis fashion ini bahkan sudah terkenal di britania raya Inggris.

Brand fashion besutan pengusaha muda Dina Rikasari ini pernah tampil dalam ajang fashion Pure London Olympia. Hal yang sama juga dialami oleh Ghendis Bag, tas berbahan eceng gondok buatan seorang dokter gigi, Ferry Yuliana. Tas dari tanaman hama eceng gondok buatannya berhasil menembus pasar Jepang dan Amerika Serikat.

Baik Schmiley Mo maupun Ghendis Bag, membuktikan bahwa sektor UMKM merupakan peluang bisnis yang tidak bisa dianggap remeh. Jika dijalankan dengan strategi pemasaran yang tepat, produk UMKM berpotensi mendatangkan keuntungan yang besar.

Bagi Anda yang sedang menjalankan binsis UMKM, strategi pemasaran ini terbukti mendatangkan keuntungan yang berkali lipat, antara lain:

Menyajian Produk Yang Sesuai Selera Pasar

Tak hanya dituntut untuk menjaga kualitas, produk UMKM juga harus dibuat berdasarkan selera pasar. Membuat produk yang diminati pasar memang memerlukan keahlian, salah satunya adalah membaca tren yang berkembang pada target pasar yang Anda bidik.

Untuk menjawab kebutuhan pasar, Anda bisa melakukan riset terhadap perilkau konsumen terhadap sebuah produk di pasaran. Misalnya, salah satu produk kuliner yang sedang diminati saat ini adalah Es Kopi Susu Kekinian.

Cobalah untuk menjawab sejumlah pertanyaan berikut; kenapa produk itu diminati? Apa keunggulan yang dimiliki produk tersebut? Berapa harga jualnya? Bagiamana cara mengemasnya? Siapa target pasarnya?

Setelah menjawab pertanyaan tadi, cobalah lakukan hal yang serupa kepada produk yang Anda jual. Jika produk Anda mampu memenuhi kriteria dari pertanyaan tadi, maka produk Anda adalah produk yang sesuai selera pasar.

Menentukan Target Pasar Yang Jelas

Produk yang laris adalah produk yang memiliki target pasar yang jelas. Untuk menentukan target pasar, Anda bisa mempromosikan produk Anda di berbagai platform marketplace. Lakukanlah uji coba dengan menyajikan konten tentang produk Ada di media sosial atau komunitas jualan online. Dari uji coba tersebut Anda akan mendapatkan sejumlah data demografi konsumen, antara lain dari mana konsumen potensial anda, apa kesukaan konsumen potensial Anda, berapa rentang usia konsumen potensial Anda, dan lain sebagainya.

Data-data tersebut bisa Anda jadikan referensi saat melakukan strategi pemasaran dan promosi produk. Jika produk Anda dipasarkan sesuai dengan target pasarnya, maka bisa dijamin, Anda akan kebanjiran order setiap hari.

Tentukan Harga Jual Produk

Jangan sampai salah menentukan harga jual. Kesalahan kalkulasi harga jual akan menyebabkan Anda mengalami kerugian. Untuk itu, Anda bisa mengitu sejumlah metode ini dalam menentukan harga jual:

Harga jual berdasarkan biaya produksi ditambah keuntungan; Anda bisa mengambil persentase keuntungan dari seluruh biaya produksi yang dikeluarkan untuk membuat produk. Misalnya dengan menambahkan 10 persen sampai 50 persen dari keseluruhan biaya produksi.

Berdasarkan harga kompetitor; Lakukanlah riset terhadap produk yang serupa dengan yang Anda miliki. Jika memungkinkan tetapkan harga di bawah kompetitor, namun tetap mengutamakan kualitas produk.

Harga jual berdasarkan permintaan konsumen; Konsumen yang merasa puas terhadap sebuah produk, rela untuk membayar dengan harga mahal. Jadi, jangan takut untuk menanyakan berapa harga jual yang pantas kepada konsumen Anda.

Lakukan Strategi Pemasaran Online

Pemasaran online terbilang mudah dilakukan. Jika dijalankan dengan benar, pemasaran online terbukti mendatangkan keuntungan yang berkali lipat. Metode ini sangat cocok digunakan bagi pelaku UMKM, karena pemasaran online cenderung lebih murah dan dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja.

Pemasaran online juga memiliki jangkauan yang lebih luas. Dengan strategi yang tepat, produk UMKM dapat menjangkau konsumen potensial dari seluruh Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri.