Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupCara Menghindari Kecanduan Gadget Pada Anak

Vera AnggunFebruari 15, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/boy-wearing-blue-t-shirt-using-black-laptop-computer-in-a-159533.jpg

Teknologi saat ini mempunyai peran penting terhadap perkembangan di dunia. Dengan berbagai jenis teknologi informasi yang berkembang membuat para pengembang terus melakukan inovasi untuk dapat membuat teknologi semakin maju dan berkembang. Salah satu perkembangan teknologi yang hari ini sangat terasa adalah perkembangan gadget atau sering disebut dengan smartphone. Setiap tahunnya rata-rata pengguna smartphone semakin berkembang. Pengguna smartphone sekarang ini  sudah memasuki usia anak-anak dan hal itu membuat penggunaan Smartphone begitu pesat. Hal ini berdampak pada dampak yang diakibatkan oleh pengguna smartphone. Sebagai orang tua kecanduan gadget tentunya sangat bermasalah terhadap perkembangan anak. Sementara itu zaman sekarang orangtua lebih sibuk dengan pekerjaan yang dilakukan. Sehingga dengan adanya perhatian yang kurang terhadap penggunaan gadget pada anak dapat membuat pengaruh negatif yang muncul. 

Untuk itu perlu adanya pencegahan yang harus dilakukan terhadap orang tua supaya anak dapat terhindar dari kecanduan. Berikut ini ada beberapa tips untuk menghindari kecanduan gadget pada anak :.

  1. Mengetahui Aktivitas Anak di Internet

Mengetahui berbagai aktivitas yang dilakukan oleh anak saat berselancar di internet sangat diperlukan oleh orang tua sekarang. Terlebih anak-anak suka sekali terhadap permainan online yang sangat seru. Tentunya membuat para orang tua harus lebih ketat terhadap permainan online yang dimainkan oleh anak. Sebagai orang tua anda harus lebih sering mengetahui aktivitas bermain game online setiap harinya. 

  1. Menonton di Sebelah Anak

Meskipun anda melihat anak menonton film atau acara kesukaannya di televisi ataupun laptop cobalah untuk sesekali melihat tontonan film yang sedang ditonton. Walaupun awalnya anak anda kurang setuju jika anda sebagai orang tua mendampinginya menonton film. Namun, dengan mendampinginya menonton film anda bisa tahu film yang sebaik-baiknya ditonton atau tidak pada anak. 

  1. Bersosialisasi dengan Orang Lain

Sosialisasi sangat diperlukan untuk dapat membuat anak anda tidak ketergantungan terhadap gadget. Walaupun gadget mempunyai dampak positif bagi perkembangan motorik dan sensorik anak. Namun, dengan bersosialisasi anak anda secara tidak langsung dapat membantu anak tidak terpengaruh terlalu banyak terhadap gadget.