Tunggu Sebentar

 

TeknologiDampak Dan Peran Kaum Muda Dalam Bidang Teknologi

Agus FebriantoFebruari 12, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/8.-Dampak-Dan-Peran-Kaum-Muda-Dalam-Bidang-Teknologi.png
https://www.vichealth.vic.gov.au/-/media/images/vichealth/images-and-files/projects/arts-and-social-connection/young-people-and-technology/young-people-and-technology-1200-675.jpg

Kemajuan teknologi terus berkembang setiap harinya, bahkan saat kamu membaca tulisan ini, di luar sana tengah ditemukan inovasi teknologi terbaru di berbagai bidang. Digitalisasi di sekolah juga marak digencarkan akhir – akhir ini. Tentunya kita bangsa Indonesia tidak mau tertinggal bukan dari bangsa lain? Ini lah yang membuat peran kaum muda yang mencakup di bidang teknologi sangat dibutuhkan.

Berikut beberapa peran dan dampak dari kaum muda yang mencakup di bidang teknologi yang ada saat ini;

  1. Menguasai Teknologi

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini sebagian besar masyarakat Indonesia telah sadar teknologi. Khususnya bagi kaum muda, sebagian besar waktu dalam keseharian mereka dipenuhi oleh teknologi. Belum lagi semenjak kemunculan internet, hampir rata – rat orang Indonesia mengakses teknologi internet lebih dari 4 jam dalam sehari. Hal ini menyebabkan khususnya anak muda sudah memiliki keterampilan menguasai teknologi lebih unggul dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang masih terbatas dalam penggunaan teknologi.

  1. Pelopor Perkembangan Teknologi Di Indonesia

Berdasarkan data dari startup ranking, Indonesia sudah masuk dalam 5 besar negara dengan startup terbanyak di dunia. Dan startup – startup tersebut hamper semua diinisiasi oleh kaum muda. Dunia persaingan  teknologi digital juga menjadikan kaum  muda Indonesia mampu menyelesaikan permasalahan – permasalahan yang ada di sekitar melalui startup yang mereka bangun.

  1. Sosialisasi

Peran dan dampak yang terakhir adalah peran sosialisasi. Peran ini sangat besar karena dengan adanya teknologi yang semakin berkembang, kemampuan sosialisasi dan jalinan relasi akan semakin mudah berkembang. Teknologi memudahkan komunikasi dan interaksi satu sama lain tanpa memandang jarak dan waktu. Namun dampak ini juga tidak luput dari kekurangan, kekurangannya adalah kaum muda menjadi cenderung lebih aktif di dunia maya daripada aktif bersosialisasi di kehidupan nyata.

Berikut adalah beberapa peran dan dampak dari kaum muda yang mencakup di bidang teknologi yang ada saat ini. Jika kamu memiliki pendapat lain, kamu bisa menuliskan di kolom komentar ya!