Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupDeretan Perusahaan Sukses yang Didirikan Berdasarkan Hobi Pemiliknya

DevaFebruari 26, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/IMG_2617.jpg

Jangan anggap enteng hobi dan minat kita saat ini. Banyak perusahaan-perusahaan besar dan sukses yang awalnya didirikan karena hobi si pemiliknya.

Enak bukan, hobi yang kita tekuni itu ternyata bisa menghasilkan uang?

Tapi, tentu tak semua hobi bisa menghasilkan uang dan menjadi pondasi sebuah perusahaan besar.

Namun, kita tetap harus jeli dalam mengartikan hobi itu. Lantas, hobi apa saja yang bisa dijadikan modal untuk berwirausaha?

Berikut beberapa pengusaha yang berhasil membangun perusahaan berawal dari hobi.

  • Patricia Hia, pendiri House of Beads

Patricia Hia sudah tertarik pada kerajinan merangkai manik-manik sejak sebelum menjadi pengusaha.

Kini, hobinya itu berhasil dikembangkan menjadi bisnis yang menguntungkan. Brand House of Beads, yang didirikan Hia ini kini berhasil menjadi produk unggulan dibidang aksesoris.

Merek ini juga pernah menggelar pameran di IBEX 2014. Para pecinta hasil karya House of Beads tidak hanya berasal dari Indonesia, tapi juga warga negara asing yang tinggal di Indonesia.

  • Nova Dewi, pendiri Suwe Ora Jamu

Sejak kecil, Nova Dewi sudah gemar meminum jamu. Hobi meminum jamu wanita asal Surabaya ini terbawa hingga ia besar.

Namun, saat pindah ke Jakarta, Nova merasa kesulitan mencari jamu yang biasa dinikmati. Situasi ini kemudian mendorong Nova untuk membuka kedai jamu Suwe Ora Jamu di Petogogan, Jakarta Selatan, pada tahun 2012.

Kini, usaha kedai jamu ini terus berkembang. Nova Dewi sukses membuka 3 cbang kedai jamu selain di Petogogan, yaitu di Warung Jati, Salihara, dan Grand Indonesia.

Jamu houseblend buatannya pun sudah bisa ditemukan di banyak outlet di Jakarta, Surabaya, dan Bali. Nova Dewi juga sering menggelar kelas jamu di berbagai tempat, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

  • Rizki Adventus pendiri Motion Sport Indonesia 

Berawal dari hobi berolahraga, Rizki Adventus sukses jadi pengusaha sukses. Bakat bisnis tersebut sudah ia tunjukan  sejak masih di bangku SMP, 2010 silam.

Ketika dewasa, Rizki yang hobi bermain basket mencoba membuka usaha konveksi kaos olahraga bernama Motion Sport Indonesia. Ia menjajakan produknya secara online melalui media sosial serta situs resmi.

Kini, produk Motion Sport Indonesia udah dipesan oleh berbagai institusi, seperti universitas dan klub olahraga. Dengan penjualan yang berjalan mulus tersebut, Rizki bisa mengumpulkan omzet hingga Rp 350 juta dalam satu bulan.