Tunggu Sebentar

 

TeknologiDeretan Perusahaan Sukses yang Pernah Didanai Kobe Bryant

Andreas Rifto DevaFebruari 16, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/11-112316_free-kobe-bryant-wallpaper-basketball-desktop-images-kobe-1280x720.jpg

Legenda pebasket Los Angeles Lakers Kobe Bryant tak hanya dikenal sebagai atlet yang sukses meraih berbagi gelar di dunia basket Amerika Serikat. Di penghujung karirinya sebagai pebasket, ia sudah mulai merambah ke dunia bisnis. Bryant mulai total terjun pada dunia entrepreneur ini sejak tahun 2013. Saat itu, ia bersama pengusaha Jeff Stibel mendirikan perusahaan kapital ventura bernama Bryant Stibel.

Perusahaan tersebut kini tercatat memiliki asset lebih dari US$ 2 miliar atau setara dengan Rp 27 triliun. Bryant Stibel ini telah memberikan invetasi pada puluhan perusahaan startup di bidang media, teknologi, dan data.

 Berikut deretan perusahaan startup sukses yang didanai oleh Kobe Bryant sebelum meninggal pada kecelakaan helikopter di Calabasas, California, Amerika Serikat, pada Minggu, 26 Januari 2020.

  • Alibaba

Perusahaan e-commerce yang didirikan oleh seorang begawan Jack Ma, ini ternyata sebagian sahamnya dimilki oleh Kobe Bryant melalui bendera perusahaan Bryant Stibel. Bryant Stibel mulai menyuntikan dana ke salah satu perusahaan toko online terbesar di dunia ini sejak 2014. Perusahaan yang berasal dari China ini  hingga saat ini memilki valuasi sebesar Rp 2 ribu triliun. Dengan nilai valuasi tersebut, Alibaba merupakan perusahaan paling berharga di China. Fantastis bukan? 

Perusahaan ini pun memilki investor lain dari capital ventura raksasa seperti Softbank Capital, DST Global, Silver Lake Partners, Yahoo, dan China Invesment Corporation.

Namun, sat dicek diwebsite bryantstibel.com, perusahaan ini menyatakam  telah keluar dari jajaran investor di Alibaba.

  • Dell Technologies

Dell merupakan perusahan yang menyediakan perangkat keras komputer. Perusahaan ini didirikan oleh Michael Dell pada tahun 1984, di Austin, Texas, Amerika Serikat. Dell dikenal sebagai perusahaan yang menjual perangkat komputer pribadi. Selain itu, perusahaan ini kini telah merambah penjualan server, alat penyimpanan data dalam skala besar untuk perusahaan. 

Bryant melalui bendera Bryant Stibel mulai menanamkan modalnya ke perusahaan ini sejak tahun 2016. Bryant menilai bahwa perusahaan ini sangat potensial. Dell tercatat memiliki pelanggan di 180 negara. Pada tahun 2012, perusahaan ini mencatatkan total asetnya senilai US$ 44,53 miliar.

Kendati demikian, Bryant Stabel tak lama menjadi investor di Dell. Tercatat di dalam website bryantstabel.com, mereka telah keluar dari Dell.

  • Epic Game 

Bagi gamers yang menyukai seri game perang infinity Blade pasti taka sing dengan nama Epic Game. Epic game merupakan perusahaan developer game yang menciptakan sejumlah video game salah satunya Infinty Blade.

Bryant Stibel menginvestaskan modalnya ke perusahaan ini sejak tahun 2018.perusahaan yang didirikan oleh Tim Sweeney ini hingga saat ini mencatatkan valuasinya sebesar US$ 1,6 miliar.