Tunggu Sebentar

 

Food & BeveragesFaktor yang Sebabkan Bisnis Coffee Shop Masih Menjanjikan

DevaFebruari 17, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/IMG_2489.jpg

Persaingan bisnis coffee shop atau kedai kopi di Indonesia kian ketat. Di kota-kota besar, kedai-kedai kopi kian menjamur. Bak jamur di musim hujan.

Tapi, apakah memulai membuka bisnis kedai kopi masih menjanjikan?

Di tengah memanasnya persaingan tersebut, berbisnis kopi memang sebuah anomali. Ternyata, kedai-kedai kopi masih sangat digandrungi lho oleh masyarakat urban. Terutama genarasi milenials.

Mengapa begitu? Berdasarkan studi yang dilakukan SurveyMonkey untuk aplikasi investasi Acorn. Dari 1.900 milenials yang disurvei, ternyata mereka lebih banyak mengeluarkan uang untuk membeli kopi atau nongkrong di kedai kopi ketimbang menabung.

Survey tersebut bisa diartikan bahwa generasi milenials kini lebih boros terhadap hal-hal yang berbau experience. Ya, salah satunya nongki-nongki cantik di coffee shop. Kalian seperti itu juga, kan?

Karena, membuka kedai kopi itu bukan semata Anda menjual segelas kopi. Kedai-kedai kopi yang sukses rata-rata mereka memberikan experience yang berkesan kepada para pelanggannya.

Contohnya Starbuck. Coba, kenapa gerai kopi ini tetap digandrungi meskipun harga segelas kopinya sangat mahal? Ya, karena mereka kadung memilki citra yang mewah. Sehingga, orang yang ngopi di sana selalu merasakan pride khas kaum urban. Nah itulah experience yang ditawarkan Starbuck.

Jadi bagi kalian, yang ingin membuka kedai kopi, yang diperhatikan jangan hanya kualitas kopi. Itu penting juga sih. Tapi, yang tak kalah penting adalah menawarkan experience yang membuat orang terkesan ngopi di kedai kalian.

Nah, selain itu, ada data menarik juga nih soal mengapa berbisnis coffee shop masih menjanjikan. Data dari Ditjen Industri Agro Kemenperin menyebutkan, pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan dalam negeri ini meningkat rata-rata 7 persen per tahun.

Itu artinya, masyarakat Indonesia saat ini mulai menggandrungi kopi. Sayang lho, stok-stok biji kopi di petani kalau tidak dimanfaatkan oleh kita sendiri. Jangan sampai hasil pertanian kopi yang berkualitas ini hanya bisa dinikmati kalangan tertentu saja.

So, kalian masih bisa kok menjual kopi berkualitas dengan harga mahasiswa. Yang penting, kalau mau buka usaha kedai kopi ya tekadnya dulu dibukatkan. Lalu, tekad tersebut kalian aplikasikan dengan cara riset dan dukungan modal.