Tunggu Sebentar

 

PertanianHasil Karya Anak Bangsa, Inilah Startup Pertanian di Indonesia

DevaFebruari 10, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/01/9.-Hasil-Karya-Anak-Bangsa-Inilah-Startup-Pertanian-di-Indonesia.jpg

Startup pertanian di Indonesia yang kian berkembang mampu menyelesaikan berbagai masalah pertanian yang ada. Pertanian menjadi sumber pendapatan yang paling banyak di Indonesia. Sayangnya, masih banyak masalah yang membutuhkan solusi inovatif untuk meningkatkan bidang pertanian di negara kita. Untungnya, semakin banyak pihak yang peduli dengan pertanian di Indonesia hingga menciptakan startup ini.

Limakilo, Startup Petani Bawang Merah

Startup gagasan Arif Setiawan, Walesa Danto dan Lisa Ayu Wulandari ini memiliki tujuan yang mulia, yaitu membantu petani bawang merah Indonesia dan menyejahterakan hidupnya. Anda bisa menemukan layanan ini pada online platform Limakilo. Dengan adanya startup ini, diharapkan petani dapat mengurangi ketergantungannya terhadap tengkulak, agar keuntungan yang didapatkan petani menjadi lebih banyak.

Startup ini berusaha untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan peran tengkulak dalam rantai distribusi hasil pertanian di Indonesia, khususnya bawang merah. Di sini, Anda akan menemukan beberapa fitur andalan, seperti monitor harga produk dan toko online. Fitur ini membantu petani untuk menjual hasil taninya dengan harga yang sesuai dengan konsumen secara langsung.

Karsa, Startup Pertanian dengan Informasi Lengkap

Untuk bisa memajukan sektor pertanian di Indonesia, tentu kita membutuhkan dukungan dari pemerintah, masyarakat dan petani itu sendiri. Hal inilah yang menginspirasi lahirnya Karsa. Tujuan diciptakannya startup pertanian di Indonesia ini adalah untuk memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat mengenai pertanian, agar bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil tani dan kualitas taninya.

Di sini, petani bisa mendapatkan berbagai tips bertani yang efisien dan bagaimana cara membudidayakan tanaman dengan tepat. Bukan hanya untuk petani, startup ini juga berguna untuk konsumen dengan memberikan informasi mengenai harga produk pertanian di pasaran, sehingga Anda bisa selalu memantaunya. Informasi mengenai kebijakan di bidang pertanian juga bisa Anda dapatkan.

TaniHub, Startup dengan Cita-cita Besar

Perusahaan startup pertanian di Indonesia ini berdiri sejak tahun 2015. Sebenarnya, terbentuknya startup ini terbilang singkat, yaitu dalam event Startup Weekend. Meski demikian, TaniHub memiliki tujuan yang besar di bidang pertanian Indonesia. Di mana petani diharapkan bisa langsung menjual hasil taninya kepada konsumen dan memungkinkan petani berkomunikasi.

Pada akhirnya, diharapkan petani tidak begitu bergantung pada tengkulak, karena hal tersebut dapat mengurangi keuntungan yang didapatkan petani. Pada tahun 2017, TaniHub mengembangkan startup ini dengan menyediakan layanan terbaru mereka bernama TaniFund. Layanan dengan konsep Peer to Peer (P2P) lending ini berguna untuk membantu petani Indonesia dalam hal pendanaan.

Eragano, Solusi dari Hulu hingga Hilir

Startup pertanian selanutnya adalah Eragano dengan jargon andalannya, yaitu Solusi dari Hulu hingga Hulu. Menariknya, Eragano menawarkan berbagai layanan dalam satu aplikasi. Tujuan utama dari startup ini adalah membantu petani Indonesia. Berbagai layanan yang bisa Anda dapatkan adalah membantu petani menjual hasil panen, mendapatkan perlengkapan pertanian, mendapatkan pinjaman dana, hingga memberikan edukasi.

Eragano menawarkan solusi kompleks dengan harapan mampu menyelesaikan seluruh masalah pertanian di Indonesia. Startup besutan Aris Hendrawan dan Stephanie Jesselyn memberikan edukasi secara aktif pada petani, agar lebih melek teknologi. Sehingga para petani bisa memanfaatkan aplikasi startup pertanian lebih maksimal, termasuk saat menggunakan startup pertanian dari Eragano.

Itulah tadi informasi mengenai beberapa startup pertanian yang bisa membantu meningkatkan sektor petani dengan segala layanan yang diberikan. Setiap startup menyediakan pelayanan dan fasilitas yang berbeda, sehingga Anda bisa menentukan startup mana yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih maksimal dengan startup pertanian di Indonesia.