Tunggu Sebentar

 

TeknologiIngin Buat Startup? Sektor Pertanian Sangat Potensial Lho

Vera AnggunFebruari 16, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/adult-blur-boss-business-288477.jpg

Ada yang tahu berapa jumlah perusahaan rintisan atau startup di Indonesia? Situs startuprangking.com mencatat pertahun 2019 jumlah startup di Indonesia berjumlah sekitar 2.079. angka tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara paling banyak melahirkan startup kelima di dunia.

Luar biasa bukan? Tapi, dari dua ribuan startup tersebut sangat disayangkan rintisan di sektor pertanian masih segelintir saja. Padahal, Indonesia sebagai negara agraris masih sangat membutuhkan sentuhan inovasi dan teknologi untuk mengembangkan bisnis di bidang pertanian.

Founder Instellar, Dian Onno, dikutip dari CNBC Indonesia, menyebutkan bahwa startup di bidang pertanian masih kalah seksi dengan rintisan di bidang transportasi dan toko online. Padahal, menurut dia, Indonesia yang memiliki jutaan hektar lahan pertanian dan puluhan juta petani merupakan aset yang bisa dimanfaatkan oleh para pengembang starup.

Data BPS pun menunjukan bahawa PDB dari sektor pertanian di Indonesia setiap tahun hampir mengalamipeningkatan. Di tahun 2019 saja,PDB di sektor pertanian berjumlah Rp 1.462 triliun. Tingkat ekspor hasil pertanian kita pun menunjukan angka yang menggembirakan. Setiap tahunnya Indonesia mengekspor 40 juta tonhasil pertanian ke sejumlah negara.

Luar biasa bukan? Maka dari itu peluang starup di sektor pertanian kini cukup menjanjikan. Startup di sektor ini pun bisa membantu para pihak untuk mendapat informasi soal harga produk pertanian. Selain itu, usaha rintisan ini bisa membantu para petani yang kebingungan mengakses pasar yang lebih luas

Di sisi lain, startup dan aplikasi pertanian juga bisa menjadi rujukan informasi bagi petani mengenai cara bercocok tanam, , cuaca,  hingga teknologi terbaru di bidang pertanian.

Contoh sukses startup pertanian adalah TaniHub. Startup atau aplikasi tersebut kini masih merajai pasar hasil tani di antara aplikasi lain. TaniHub kini diklaim sudah merangkul sekitar 35 ribu petani dengan 800 SKU. Mayoritas produk yang mereka hasilkan antara lain buah, sayur, ikan, ayam, dan beras.

Tapi, tetap sebesar apapun potensi tersebut, kalian harus tetap melakukan riset dan analisa lapangan yang kuat sebelum memulai.