Tunggu Sebentar

 

KecantikanIngin Jadi Selebgram? Ikuti 5 Cara Ini Agar Menjadi Selebgram Sukses

DevaFebruari 24, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/attractive-beautiful-fashion-female-245388.jpg

Selebrity Instagram atau Selebgram merupakan profesi baru yang tengah populer beberapa tahun belakangan. Menjadi Selebgram merupakan bagian dari strategi influencer marketing. Umumnya, Selebgram tak melulu berasal dari kalangan selebriti atau orang terkenal, siapa pun bisa menjadi Selebgram asalkan mampu menyajikan konten yang menarik.

Di Indonesia sendiri banyak Selebram sukses yang mampu mendapatkan penghasilan dari akun social media yang mereka kelola. Penghasilan Selebgram biasanya berasal dari jasa endorsement atau paid promote untuk mempromosikan sebuah produk.

Penghasilan Selebgram sangat tergantung dari jumlah followers dan tingkat engagement yang dihasilkan dari setiap konten yang diunggah di akun sosmed. Ria Ricis misalnya, Youtuber berhijab ini termasuk dalam jajaran Selebgram terkaya di Indonesia. Beberapa ulasan tentang Ria Ricis menyebutkan untuk menggunakan jasa paid promote nya, Anda harus mengeluarkan sekitar Rp. 5 sampai belasan juta rupiah per sekali posting.

Ada pula Karin Novilda atau Awkarin, Selebgram yang terkenal berkat aksi duetnya dengan rapper fenomenal Young Lex ini juga termasuk dalam jajaran Selebgram terkaya di Indonesia. Penghasilannya dari jasa endorsement bisa mencapai puluhan sampai ratusan juta rupiah.

Mengapa Orang Suka Menggunakan Jasa Selebgram?

Alasannya tentu karena Selebgram mampu mempromosikan produk kepada khalayak luas. Target pasar yang bisa dibidik oleh Selebgram cukup luas, karena platform Instagram sendiri memiliki pengguna aktif yang mencapai 22 juta orang di Indonesia.

Dari jumlah pengguna Instagram, kemungkinan besar Anda bisa menemukan konsumen potensial melalui jasa paid promote yang ditawarkan para Selebgram. Seorang Selebgram profesional biasanya memahami strategi dan trik untuk menyajikan konten yang viral. Maka tak heran, setiap konten yang diunggah Selebgram selalu menjadi bahan perbincangan dan menarik perhatian audiens.

Bagaimana Cara Menjadi Selebgram

Bagi Anda yang berminat menjadi Selebgram, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menjaring followers yang sebanyak-banyaknya. Jika followers Anda sudah mencapai 10 ribu, Anda bisa mengikuti tata cara menjadi Selebgram berikut ini:

  1. Buatlah Bio Yang Unik dan Menarik

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika ingin menjadi Selebgram sukses adalah, menyajikan informasi tentang jasa yang Anda berikan melalui bio yang menarik. Buatlah ulasan mengenai produk yang Anda tawarkan dalam kalimat maksimal 150 karakter.

Gunakanlah kata kunci yang populer pada bio Anda, misalnya Anda ingin menjadi travel blogger, atau food blogger, Anda bisa menampilkan kata kunci tersebut pada bio guna memudahkan audiens mengemukan akun Anda.

2. Bermain Tanga Pagar (Hastag)

Tanda pagar # atau hashtag merupakan salah satu elemen yang berpengaruh pada pencarian social media. Hashtag dapat digunakan untuk menaikkan brand awareness atau memudahkan audiens menemukan konten yang anda sajikan di Instagram.

Anda juga bisa menciptakan hashtag unik sebagai identitas konten Anda. Gunakanlah tools seperti AllHashtag untuk mencari hashtag populer.

3. Sajikan Konten Yang Menarik

Syarat wajib untuk menjadi Selebgram sukses adalah menyajikan konten yang menarik. Konten yang menarik berpotensi menjadi viral dan dicari banyak audiens. Untuk di Instagram, Anda wajib menyajikan konten visual berupa foto dan video.

Jangan lupa untuk mengatur feed yang senada agar mempercantik tampilan akun Instagram. Selain foto dan video, Anda juga harus mengunggah Insta Story setiap hari untuk menarik lebih banyak audiens mengunjungi akun Instagram Anda.

4. Buat Jadwal Posting Yang Teratur

Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan sejumlah tools untuk menjadwalkan postingan di Instagram. Dua tools yang populer digunakan adalah HootSuit dan Iconosquare. Tools ini juga bisa Anda gunakan untuk meriset konten populer dan kompetitor yang serupa dengan Anda.

5. Promosi Berbayar

Instagram menyediakan layanan beriklan untuk penggunanya. Namun, sebaiknya Anda hanya mengiklankan konten yang memiliki engagement tinggi. Pelajari konten Anda dengan mengamati menu Insight pada akun Instagram bisnis. Carilah konten yang paling banyak mendapatkan like, komentar, atau yang memiliki reach dan impression tertinggi untuk diiklankan.