Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupInvestasi Paling Cocok untuk Generasi Milenial

Andreas Rifto DevaFebruari 17, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/IMG_2488.jpg
Generasi milenial sering dicap sebagai generasi yang tidak bisa menggunakan uang dengan bijak. Alih-alih investasi, menabung pun dirasa cukup sulit bagi generasi yang lahir di antara tahun 1980-2000.
Padahal, investasi di masa muda sangat penting untuk masa depan kita. Tak salah kalau banyak orang yang bilang generasi milenial masih belum memilki strategi investasi.
Beberapa faktor menyebabkan masih banyak anak muda di bawah usia 35 tahun yang belum melirik investasi. Salah satunya ialah informasi mengenai apa itu investasi dan bagaimana caranya menginvestasikan sebagian penghasilannya masih belum terakses oleh milenilas.
Selain itu, generasi milenial cenderung masih ragu untuk berinvestasi karena ketidakpercayaan pada lembaga investasi saat ini. Padahal, instrumen investasi itu banyak lho.
Tapi, apa sih instrumen investasi yang cocok bagi generasi milenial. Nih, Pilar punya tips bagi anak muda yang ingin mencoba berinvestasi.
1.Reksa Dana
Reksa dana adalah salah satu sarana investasi yang paling terjangkau dan terdiversifikasi. Di zaman digital ini, investasi di reksa dana semakin mudah dan murah, lho.
Saat ini, berbagai perusahaan teknologi finansial (fintech), sudah banyak yang menjual reksa dana melalui aplikasi di gadget kalian.
Reksa dana juga bisa didapatka secara mudah di beberapa platform e-commerce. Punya duit Rp 10 ribu pun bisa diinvestasikan melalui reksa dana.
Keuntungan berinvestasi dengan reksa dana, kalian bisa mencairkan uang kapan saja. Ini sangat cocok bagi karakter milenial yang umumnya memilli tujuan keuangan jangka pendek.
2. Investasi emas
Kalian tahu kan harga emas–khususnya emas batangan–harganya kian mengkilap. Tak ada salahnya mencoba berinvestasi dengan emas. Sama seperti reksa dana, berinvestasi melalui emas bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan murah.
Di tambah, di era digital kini, sudah banyak platform e-commerce yang menyediakan fasilitas cicil emas. Dengan duit receh pun kalian sudah bisa memulai berinvestasi melalui emas. Hasilnya pun bisa kalian cairkan sesuai kehendak kalian.
3. Properti
Khusus sarana investasi ini kalian harus benar-benar memilki uang yang tak sedikit. Investasi ini merupakan jenis investasi jangka panjang. Tapi, jangan salah lho, berinvestasi melalui properti keuntungan yang akan diraih di kemudian hari juga gak main-main.