Tunggu Sebentar

 

KesehatanJenis Penyakit yang Kerap Diidap Generasil Milenial

DevaFebruari 22, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/IMG_2525.jpg

Kabar meninggalnya Ashraf Sinclair berbuah sejumlah komentar di dunia maya. Banyak yang bertanya, kok di usia 40 tahun sudah punya penyakit jantung? Kan Ashraf rajin olahraga?

Begitulah kira-kira pertanyaan netizen setelah kabar Ashraf meninggal tersebar di media sosial. Mungkin kita bisa juga menjawab: umur tidak ada yang tahu. Kematian bisa datang kapanpun, tak melihat ia muda atau tua, sehat atau sakit. Selain memang fakto takdir, banyak kasus generasi milenial yang meninggal akibat penyakit seurius menjadi fenomena baru. Di era ini, berbagai riset menyebutkan generasi milenial banyak yang terkena sejumlah jenis penyakit ini. Hasil studi dari Blue Cross Blue Shield (BCBS) menunjukkan generasi milenial memiliki tingkat prevalensi penyakit lebih tinggi dibandingkan generasi X pada usia yang sama. Studi ini pun menyebutkan bahwa milenial menghadapi tantangan kesehatan pada usia yang lebih muda dibanding generasi sebelumnya.

Studi BCBC Health Index mendapati rata-rata generasi milenial mulai mengalami penurunan kesehatan di usia 27 tahun. Studi ini menemukan 10 kondisi teratas yang mengancam milenial.

Berikut daftar penyakit yang kerap dialami generasi milenial:

  • Depresi

Studi yang dilakukan pada generasi milenial di AS ini mendapati depresi merupakan masalah utama milenial dengan prevalensi pada 2017 mencapai lima persen. Prevalensi ini meningkat 31 persen dibandingkan 2014.

  • Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi pada milenial mencapai 8,1 persen atau meningkat 16 persen dibandingkan 2014. Hipertensi merupakan faktor risiko bagi banyak penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke.

  • Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol darah yang tinggi juga mengancam milenial. Pola makan yang tidak sehat serta kurang  olahraga membuat kolesterol menumpuk di dalam darah. Prevalensi kolesterol mencapai 6,2 persen.

Kolesterol tinggi dapat memicu penyakit jantung, stroke, dan ginjal.

  • Diabetes tipe 2

Gaya hidup yang tak sehat membuat banyak milenial terserang diabetes tipe 2. Kelebihan, gula, garam, lemak merupakan salah satu penyebab diabetes tipe 2.  Prevalensi penyakit ini pada milenial di AS mencapai 2,3 persen.