Tunggu Sebentar

 

PertanianKehadiran 5 Startup Pertanian di Indonesia yang Banyak Membantu

Andreas Rifto DevaFebruari 10, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/01/10.-Kehadiran-5-Startup-Pertanian-di-Indonesia-yang-Banyak-Membantu.jpg

Perkembangan startup pertanian di Indonesia dapat menjadi solusi untuk mengatasi berbagai keresahan para petani akan hasil panen dan harganya di pasaran. Seperti yang kita tahu, mayoritas penduduk Indonesia bekerja sebagai petani dan mereka memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, sehingga kita juga harus memikirkan kesejahteraan hidup para petani melalui startup ini.

iGrow, Startup dengan Tiga Unsur Elemen Penting

Startup yang didirikan pada tahun 2014 oleh Muhaimin Iqbal, Jim Oklahoma dan Andreas Senjaya. iGrow memiliki tiga unsur elemen yang menjadi fokus dikembangkannya startup ini, yaitu modal, pasar dan kemampuan budidaya. Dengan tiga unsur elemen ini, diharapkan mampu menyelesaikan berbagai keresahan yang dirasakan oleh petani selama ini dan menjadi solusi terbaik.

Startup pertanian ini menghubungkan antara petani, investor, pembudidaya hingga pemilik lahan untuk saling memberikan keuntungan di bidang ini. Selain itu, iGrow juga bermanfaat bagi Anda yang ingin menjalankan investasi di bidang pertanian. Misalnya, Anda memiliki lahan tapi tidak ada kesempatan untuk mengolahnya sehingga Anda bisa menawarkan lahan ini dengan startup ini.

CROWDE, Pengelola Modal Kerja Petani

Startup yang satu ini bergerak di bidang keuangan khusus untuk pertanian dengan menghimpun dana dari masyarakat untuk dijadikan modal kerja para petani. Metode yang digunakan dalam startup ini adalah crowd-lending, dimana CROWDE sebagai platform permodalan akan mengelola dana dari masyarakat yang nantinya akan diberikan untuk keperluan proyek pertanian.

Startup hasil rintisan Muhammad Risyad Ganis dan Yonaes Sugitononugroho ini berdiri sejak tahun 2015. Tujuan dibuatnya startup ini adalah membantu para petani dan menjadi platform edukasi di bidang permodalan. Jadi, kesulitan modal tani bukan suatu masalah lagi karena ada CROWDE yang siap membantu.

Ci-Agriculuture, Startup dengan Sistem Agritrack

Startup pertanian ini memiliki tujuan yang merujuk pada tiga hal, yakni Crop Accurate menggunakan drone dan untuk medianya digunakan remote sensing. Diharapkan, startup ini mampu membantu petani untuk memberikan informasi saat menanam benih dengan baik, penggunaan obat, memberikan pupuk hingga kegiatan bertani yang lain.

Ci-Agriculuture menerapkan sistem Agritrack yang bermanfaat untuk menghubungkan para petani, konsumen, pasar dan distributor dalam melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pertanian. Selain itu, Anda juga akan menemukan Crop Insurance atau asuransi untuk para petani sehingga tidak khawatir jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti banjir, hama dan lain sebagainya.

8ViLLages, Startup dengan Teknologi Virtual

Startup pertanian ini memanfaatkan teknologi virtual untuk memberikan informasi atau pengetahuan kepada para petani mengenai hal-hal yang berkaitan dengan dunia pertanian. Bukan hanya memberikan edukasi, startup ini juga membantu petani dalam menciptakan solusi yang tepat sasaran sesuai kebutuhan dan sistem operasional di Indonesia.

8ViLLages ini menyediakan program yang memberikan kesempatan pada para petani untuk berkomunikasi dengan investor. Jadi, lokasi yang berada di pedesaan tidak membuat para petani kehilangan kesempatan untuk melakukan komunikasi. Sinyal yang kurang baik di pedesaan juga bukan menjadi masalah.

eTanee, Startup untuk Petani dan Peternak

Kehadiran startup ini membantu para petani dalam menjual hasil panennya kepada konsumen dengan harga yang layak dan lebih mudah. Bahkan, bukan hanya petani, tapi startup ini juga bisa dimanfaatkan oleh para peternak. Keresahan para petani akan menurunnya harga hasil panen dan kesulitan mereka dalam menjual produk menjadi awal munculnya startup yang satu ini.

Itulah tadi informasi mengenai kehadiran startup di bidang pertanian dengan berbagai solusi yang ditawarkan pada para petani. Dengan teknologi yang semakin canggih membuat sektor pertanian juga tak boleh ketinggalan. Jadi, Anda bisa memilih salah satu atau beberapa startup pertanian di atas, untuk membantu petani meningkatkan kualitas hasil panen dan meningkatkan keuntungan.