Tunggu Sebentar

 

HiburanKiat Sukses Memulai Usaha dari Nol

Vera AnggunFebruari 26, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/IMG_2618.jpg

Perusahaan-perusahaan besar yang saat ini menjadi bluprint profil usaha sukses tak sedikit yang diawali dari kisah yang jatuh bangun. Banyak perusahaan besar yang justru dimulai dari nol.

Tapi, tak sedikit pula perusahaan yang tumbang sebelum tumbuh besar. Banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya ialah keseriusan dalam menjalankan usaha.

Faktor Modal tentu menjadi hal yang sangat penting untuk membangun usaha apapun. Namun, modal saja tidak cukup. Banyak faktor yang harus diperhatikan ketika memulai usaha, terutama UMKM.

Di artikel ini, ada sejumlah tips yang akan dibagikan mengenai kiat-kiat bagi calon pengusaha yang memulai bisnisnya dari nol.

  • Pahami Kebutuhan Pasar

Riset dan analisa perlu Anda lakukan sebelum memulai usaha. Riset dan analisa yang paling diperlukan adalah  produk apa yang kini sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Setelah memetakan hal itu, Anda harus mengeksplorasi lebih dalam lagi mengenai produk itu. Kalian harus tau siapa pesaing Anda, berapa harga pasaran yang dari produk tersebut, dan berapa banyak pesaing Anda menjual produk dalam satu bulan.

  • Jual Kualitas

Mutu dan kualitas adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan setiap produsen. Jika Anda ingin menjadikan produk Anda sebagai unggulan dibidangnya, tentu mutu dan kualitas harus menjadi standar utama. Tentu, produk yang baik menentukan harga.

  • Business Plan

Rencana bisnis (business plan) ini tidak hanya diperlukan pada saat memilih dan memulai suatu usaha, tetapi bisa juga digunakan untuk mengevaluasi sampai mengembangkan usaha.

  • Strategic Plan

Strategic plan atau rencana strategis ini perlu dilakukan untuk memetakan jalanny bisnis Anda. Strategi yang matang terkadang menentukan sukses atau tidaknya bisnis yang Anda jalankan.

Strategic plan ini bisa dimulai dengan memetakan permasalahan yang bakal dihadapi, tentu dengan jalan keluar yang sudah disiapkan.

  • Membangun Network

Membangun network atau jaringan hal yang tak boleh luput dalam membangun usaha. Membangun jaringan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Jaringan ini diperlukan untuk mencari partner yang akan selalu mensupport usaha kita misalnya supplier, transporter, distributor, dan lain sebagainya.

  • Memanfaatkan Internet dan Media Sosial

Selain iu, membangun jaringan atau network juga dapat dimulai dengan penggunaan media sosial secara efektif sehingga dapat mengakselerasi keterkenalan produk Anda.

Calon pelaku UKM harus belajar melek media yaitu menggunakan berbagai platform yang menunjuang bisnis seperti mesin pencari, email, dan sejumlah media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram.