Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupKobe Bryant Legenda NBA yang Miliki Puluhan Perusahaan Startup

DevaFebruari 16, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/5e2f5d6778a1c.image_.jpg

Mantan pemain basket Los Angeles Lakers Kobe Bryant ternyata bukan hanya dikenal sebagai legenda NBA saja. Black Mamba—sebutan untuk Bryant—ternyata memilki sejumlah lini bisnis. Setelah pensiun dari NBA, Bryant ternyata  telah memulai membentuk sejumlah perusahaan.  

Dikutip dari CNN Business, sejak tahun 2013, Bryant mendirikan perusahaan modal ventura bersama pengusaha Jeff Stibel. Perusahaan ventura tersebut dinamai Bryant Stibel. Perusahaan tersebut kini tercatat memiliki asset lebih dari US$ 2 miliar atau setara dengan Rp 27 triliun. 

Bryant Stibel ini telah memberikan invetasi pada puluhan perusahaan startup di bidang media, teknologi, dan data. Di antara perusahaanyang mendapat investasi dari Bryant Stibel adalah Dell, Alibaba, Epic Games, dan lain-lain. 

Selain itu, Bryant juga menaruh investasi dengan uang pribadinya sebesar US$ 6 juta pada sebiah perusahaan startup minuman olahraga, BA Sports Nutrition. Keputusan Bryant menyuntikan dana di perusahaan tersebut nyatanya tak sia-sia. Di tahun 2018, investasi Bryant di BA Sports Nutrition  melonjak hingga US$ 200juta ketika perusahaan Coca-cola tertarik membeli sejumlah saham di perusahaan tersebut.

Kecintaan Bryant pada dunia bisnis sama besarnya dengan kecintaan dia pada dunia bola basket. Bahkan, ia berharap dua puluh tahun ke depan, orang-orang mengenalnya sebagai seorang pengusaha sukses ketimbang legenda pemain basket. 

“Saya bosan  memberi tahu orang-orang bahwa saya menyukai bisnis sama seperti saya bermain basket,”ujar Bryant dalam wawancara dengan ESPN tahun 2017.

Amat disayangkan, ambisi Bryant dalam dunia bisnis harus terhenti. Ia meninggal pada kecelakaan helikopter pribadinya di Calabasas, California, Amerika Serikat, pada Minggu, 26 Januari 2020. Bryant meninggal di usia 41 tahun. Dalam helikopter nahas tersebut, Bryant ditemani putrinya, Gianna. Gianna pun tewas dalam kecelakaan itu. 

Kematian Bryant membuat para penggemarnya di seluruh dunia berkabung. Bryant dikenal sebagai shooting guard di LA Lakers. Ia berhasil mengantar Lakers menjuarai NBA sebanyak lima kali. Gelar juara NBA itu diraih padatahun 2000. 2001, 2002, 2009, dan 2010. Kobe Bryant pun dikenal sebagai salah satu pemain terbaik NBA sepanjang masa. Namanya disejajarkan dengan legenda seperti Michael Jordan maupun Magic Johnson.