Tunggu Sebentar

 

PertanianMemanfaatkan Pekarangan Rumah untuk Bisnis Pertanian

DevaFebruari 5, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/01/pexels-photo-1038258-1280x851.jpeg

Usaha pertanian tidak harus dilakukan di desa, di daerah kota juga dapat memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam. Memiliki lahan dan modal yang cukup memang salah satu poin utama untuk memulai usaha pertanian di rumah. Usaha pertanian sangat menguntungkan dan menjanjikan karena menyediakan langsung kebutuhan paling dasar manusia yaitu, memproduksi bahan pangan.

Zaman sekarang, sudah banyak petani modern di kota-kota besar. Usaha pertanian berinovasi dengan perubahan terbaru yang sedang laris manis di pasaran. Syarat memulai usaha pertanian tidak harus mempunyai lahan luas berhektar-hektar, tetapi bisa memanfaatkan lahan pekarangan rumah yang kecil.

Berikut ini, beberapa cara memanfaatkan pekarangan rumah untuk bisnis pertanian dengan lahan seadanya dan modal yang kecil.

Menanam Sawi Hijau

Tanaman sawi hijau atau sosin sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sawi hijau termasuk jenis tanaman yang dapat dipanen dengan waktu yang relatif singkat. Dengan menanam sawi hijau di pekarangan rumah, tidak membutuhkan waktu sebulan sudah dapat dipanen. Selain itu, perawatan tanaman ini sangat mudah. Banyak petani sawi hijau yang bisa meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah per bulan atau dalam sekali panen.

Menanam Bawang Merah dan Putih

Bawang merah dan bawang putih termasuk bahan dapur utama yang digunakan sebagai bumbu masakan. Bawang sangat populer dan menjadi bahan khas masakan di daerah tropis seperti Indonesia. Kedua jenis bawang ini memiliki harga pasaran yang cukup stabil bahkan sering melonjak pada waktu-waktu tertentu, seperti hari raya dan bulan Ramadhan.

Menanam Tomat

Pohon Tomat dapat tumbuh dengan mudah di tanah yang cukup lembab atau basah. Kunci utama untuk memulai menanam tomat tergantung pada proses stek. Cara mudah menumbuhkan akar di tunasnya cukup dengan menambahkan air pada wadah yang dipakai untuk proses stek tersebut. Letakkan di tempat yang memiliki suhu hangat, setelah 1 sampai 2 minggu tunas akan tumbuh dan bisa langsung ditanam di pekarangan atau media tanam.

Menanam Kangkung

Tanaman kangkung dapat dipanen setelah 4 hingga 6 minggu. Tanaman kangkung juga cocok ditanam pada media hidroponik. Cara menanam kangkung juga sangat mudah, hanya perlu mempersiapkan bibit kangkung, pupuk, Zat Pengatur Tumbuh (ZPT), plastik bentuk saringan, dan baskom (satu ukuran dengan plastik).

Menanam Bonsai

Usaha tanaman hias atau bonsai masih merupakan peluang usaha populer dalam bidang pertanian. Keuntungan yang didapatkan dari bisnis tanaman bonsai ini cukup besar karena pangsa pasar yang sangat luas. Beberapa jenis bonsai yang paling banyak dicari adalah gelombang cinta, adenium, tanaman dolar, dan lain sebagainya. Beberapa tanaman bonsai yang indah bisa menjadikan harga yang selangit.

Budidaya Jamur Tiram

Memulai bisnis budidaya jamur tiram tidak memerlukan modal yang besar. Dalam kegiatan budidaya jamur tiram, terdapat dua tahap yang harus dilakukan dengan benar agar jamur tiram yang dihasilkan dapat maksimal. Tahap pertama adalah membuat media tanam (Baglog) dan menginokulasikan bibit jamur ke dalam media tanam yang telah tersedia. Tujuannya adalah untuk membuat media tanam ditumbuhi miselium berwarna putih seperti kapas. Sedangkan tahap kedua adalah menumbuhkan miselium tersebut menjadi badan buah (jamur).

Menanam Jahe

Sebelum memulai menanam jahe, harus memperhatikan kesuburan tanah. Pekarangan rumah harus memiliki struktur tanah yang berhumus, tidak berkerikil, dan memiliki aerasi udara yang lancar. Pekarangan rumah terlebih dahulu dibersihkan dari pengganggu tanaman baik berupa penyakit maupun gulma yang mungkin muncul. Siapkan cangkul, jerami, dan pupuk yang akan dijadikan pupuk dasar tanaman jahe.

Cangkul tanah dengan kedalaman sekitar 25 atau 35 cm, tambahkan campuran pupuk dan jerami kemudian biarkan sekitar satu minggu. Lakukan penyemaian bibit jahe yang akan ditanam hingga muncul tunas. Setelah itu, pindahkan bibit pada pekarangan atau media tanam yang tersedia. Bahkan, jika pekarangan tidak memungkinkan, jahe bisa ditanam dengan media polybag.

Menanam Terong Ungu

Langkah pertama dalam menanam terong ungu adalah memilih bibit yang unggul. Bibit tersebut dapat diperoleh dari toko bibit terdekat atau dari petani lokal. Tanam bibit pada pot atau polybag kemudian pindahkan pada media tanam ketika sudah memiliki batang dan akar yang cukup kuat.

Itulah beberapa bisnis pertanian yang bisa dilakukan di pekarangan rumah dengan harga yang cukup murah.