Tunggu Sebentar

 

TeknologiMengenal 2 Sosok Muda Yang Kental Dengan E – Commerce

Agus FebriantoFebruari 12, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/10.-Mengenal-2-Sosok-Muda-Yang-Kental-Dengan-E-–-Commerce.png
https://www.flickr.com/photos/milkeninstitute/44627760612/in/photolist-2aZAWqu-8ugQp3-E9gwCi-JRruDx-JRrt8M-FEvS5Q-pvSebV-qbcZdF-qsyxb7-pvSeeF-qb5aSW-qqkW3w-qbbv12-qb4iYA-qb4iGy-qb4j3U-qb4hUb-qb4jBE-pvSejk-qqkWNu-qsC4Hr-qb4iaS-qsyxn9-qsyx7E-qb4i3h-qsC4bV-qb4jXE-qb4jDU-qb4hR5-qb5chj-qsC53K-qb4ipu-qbbwbZ-qsC464-pvSdBP-qb5aZE-qbcZqK-pvSe8P-pvCGcN-qb5bqQ-qsC5cn-pvCF6u-qss3VF-pvScZg-qqkXxW-qsC3rD-qb5aGA-pvCFF7-qsyxEd-pvCFZd

E – Commerce atau yang kita kenal dengan Electronic Commerce adalah bentuk usaha barang atau jasa yang dilakukan secara elektronik menggunakan jaringan computer dan internet. Bukalapak dan Tokopedia adalah dua e – commerce yang paling besar di Indonesia. Siapa sangka di balik 2 e – commerce ini berdiri dari hasil karya 2 sosok kaum muda yang mencakup bidang e – commerce?

Berikut adalah 2 sosok kaum muda yang mencakup bidang E – Commerce.

  1. William Tanuwijaya

Memasuki usianya yang ke – 11, Tokopedia menjadi salah satu e – commerce terbesar di Indonesia. Hal ini tidak lepas dari hasil kerja keras seorang William Tanuwijaya. Lahir dan besar di Pematang Siantar dengan keadaan ekonomi keluarga yang sulit akhirnya membawa Wiliiam untuk melanjutkan studi ke Jakarta berbekalkan tiket kapal laut sekali jalan.

Keadaan ekonomi yang tidak memungkinkan membuat William harus bekerja paruh waktu sebagai penjaga warung internet demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia bekerja dari pukul 9 malam sampai 9 pagi setiap hari. Pekerjaan menjaga warung internet membuat William dapat mengakses internet dengan tidak terbatas, disitulah ia jatuh cinta dan percaya bahwa suatu saat nanti internet akan mengubah dunia. Di tahun 2007, 4 tahun setelah lulus dan bekerja, William mulai terjun di dunia Startup. Berawal dari pekerjaan mengelola situs – situs belanja online yang saat itu mulai berkembang namun belum mempunyai wadah yang aman.

  1. Achmad Zaky

Pria kelahiran Sragen 33 tahun yang lalu ini adalah pendiri sebuah e – commerce besar yaitu Bukalapak. Achmad Zaky tumbuh besar bersama dengan dunia informatika, ketertarikan pada dunia pemograman tumbuh berkat hadiah dari sang paman berupa sebuah komputer dan buku pemograman semasa ia kecil. Ia kemudian melanjutkan studinya di Institut Teknologi Bandung dan setelah lulus ia mendirikan bisnis konsultasi di bidang teknologi komputer.

Dan pada tahun 2010 ia mulai mewujudkan mimpinya membangun sebuah market place melalui startup. Dan akhirnya pada tahun 2011 berdirilah Bukalapak yang kita kenal sampai saat ini.

Itulah 2 sosok kaum muda yang mencakup di bidang e – commerce terbesar di Indonesia, apakah kamu tertarik mewujudkan mimpimu dan membantu banyak orang seperti mereka berdua?