Tunggu Sebentar

 

TeknologiMengenal 4 Perusahaan Startup Digital Sukses di Indonesia

Agus FebriantoFebruari 13, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/pexels-photo-936575-1280x854.jpeg

deskripsi: Saat ini perusahaan startup digital sudah menjadi perusahaan sukses baik di dalam negeri maupun luar negeri. Berikut 4 perusahaan startup sukses di Indonesia.

===========

Di era yang serba modern ini, berbagai macam teknologi memang tidak dapat dipisah dari kehidupan. Salah satunya dalam bidang bisnis. Semakin maju teknologi digital, membuat wirausahawan menggiatkan diri untuk membuat perusahaan di bidang digital yang biasa disebut dengan perusahaan startup digital.

Startup adalah istilah yang digunakan untuk menyebut perusahaan perusahaan yang baru berkembang atau berproses. Dikatakan startup digital, karena perusahaan perusahaan tersebut bergerak di bidang teknologi digital dan kebanyakan dari mereka sudah pasti memiliki produk berupa aplikasi digital. Lalu, startup digital apa saja yang sukses di Indonesia? Berikut ulasannya.

1. Tokopedia

Contoh startup kreatif pertama ada salah satu startup yang bergerak di bidang e- commerce Indonesia, yaitu Tokopedia. Situs belanja online ini dibuat oleh William Tanuwijaya pada tahun 2009. Perusahaan ini menjadi perusahaan startup unicorn yang sukses mendapatkan pendanaan sekitar US$ 100 juta atau sekitar Rp. 1,2 triliun dari Softbank Internet, Media Inc dan Sequoia Capital.

2. Gojek

Anda pasti sudah tidak asing dengan perusahaan yang satu ini. Perusahaan Gojek sendiri didirikan oleh Nadiem Makarim yang sukses berdiri di Indonesia. Bahkan Gojek sendiri sudah termasuk dalam unicorn startup karena sudah menghasilkan nilai jual sekitar US$ 1 miliar. Tidak hanya sukses di Indonesia, Gojek juga sudah membuka kantor perwakilannya di India.

3. Traveloka

Traveloka didirikan pada tahun 2012 bertujuan untuk melayani pelayanan pemesanan tiket pesawat serta pemesanan kamar hotel. Perusahaan Traveloka didirikan oleh Ferry Unardi, Derianto kusuma dan Albert Zhang memang sangat sukses. Traveloka sendiri sudah menerima investasi sekitar US$ 500 juta atau Rp. 6, 7 triliun. Bahkan saat ini traveloka juga sudah bisa dinikmati di negara Asia Tenggara.

4. Bukalapak

Satu lagi di bidang e commerce ada situs belanja online Bukalapak. Perusahaan yang didirikan oleh Achmad Zaky, Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono pada tahun 2010 ini sudah termasuk dalam jajaran startup unicorn seperti halnya 3 perusahaan di atas. Bahkan jumlah investasi yang masuk di Bukalapak diklaim sudah memiliki valuasi lebih dari US$ 2, 5 miliar atau Rp 35 triliun.

Tidak hanya empat perusahaan di atas, ada banyak sekali perusahaan startup digital di Indonesia. Mereka semua terus melakukan pengembangan untuk memenuhi kebutuhan konsumen agar seluruh kegiatan masyarakat menjadi mudah. Bisa dibilang perkembangan startup di Indonesia kini bisa dibilang cukup pesat dan banyak menuai kesuksesan.