Tunggu Sebentar

 

TeknologiMengenal 7 Jenis Konten Yang Disukai Pengguna Youtube

https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/photo-of-women-having-conversation-3194524.jpg

Siapa yang tidak mengenal Youtube? Platform besutan Google Inc ini merupakan salah satu platform social media yang memiliki banyak pengguna di dunia. Platform yang didirikan oleh Steve Chen bersama dua rekannya, Chad Hurley dan Jawed Karim ini bahkan menjadi platform medsos terlaris di Indonesia.

Pada tahun 2019 lalu, Youtube bahkan mendominasi jumlah pengguna platform media sosial di Indonesia dengan presentase 88 persen pengguna di antara platform lain. Konten yang disajikan di Youtube sangat digemari karena memberikan hiburan alternatif yang bisa dipilih sesuai minat dan kegemaran penggunanya.

Lewat Youtube, Anda lebih leluasa memilih konten yang ingin ditonton dibandingkan dengan program televisi yang hanya menampilkan tayangan yang itu-itu saja.

Bagi Anda para Youtuber atau yang sedang mencoba peruntungan sebagai Youtuber pemula, Anda mungkin kerap bertanya kenapa para Youtuber terkenal bisa sangat sukses di Youtube. Untuk menjawab itu, kami akan membahas tentang beberapa konten yang disukai di Youtube yang mungkin bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin membuat video untuk channel Youtube Anda.

Jenis Konten Yang Disukai di Youtube

Jika diamati, ada beberapa konten yang terkesan sederhana namun banyak peminatnya di Youtube, konten apa saja itu?

  • Video Tutorial

Video tutorial merupakan konten yang menyajikan tentang cara untuk melakukan keahlian tertentu. Beberapa video tutorial yang paling banyak peminatnya adalah tutorial memasak, tutorial make up, tutorial teknik komputer, tutorial fashion dan hijab, dan sebagainya.

  • Video How To

Serupa dengan video tutorial, konten How To juga menjadi konten yang paling banyak dicari oleh pengguna Youtube.

Jika video tutorial menyajikan tata cara melakukan keahlian tertentu, video How To cenderung menyuguhkan tentang kemampuan soft skill, seperti bagaimana cara melupakan mantan, bagaimana mendapat pacar cantik, bagaimana cara menjadi playboy, atau berbagai konten bersifat receh yang menghibur lainnya.

  • Vlog

Video Blog atau yang biasa disingkat menjadi Vlog merupakan jenis konten yang cukup menarik perhatian audiens.

Vlog sangat cocok bagi Anda yang ingin menyajikan konten tentang kehidupan sehari-hari dengan pendekatan yang lebih menarik. Vlog juga cocok bagi Anda yang memiliki keahlian melucu atau berbicara di depan umum.

  • Video Hewan

Konten ini biasanya menyajikan tingkah polah hewan-hewan lucu seperti kucing atau anjing yang menggemaskan. Video ini cukup mudah dibuat karena tidak memerlukan editing yang canggih dan kemampuan berbicara untuk menyajikannya.

  • Video Traveling

Sesuai namanya, konten ini menyajikan tentang destinasi wisata menarik. Video traveling juga kerap menampilkan rekomendasi akomodasi wisata, makanan dan ulasan ongkos yang diperlukan untuk menuju destinasi tertentu.

  • Video Horor atau Misteri

Konten horor belakangan ini menjadi konten yang diminati di Youtube. Walaupun terkesan kontroversial dan kurang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, konten horor tentang tempat angker, misteri mahluk halus, hantu dan sejenisnya cukup ampuh menggugah rasa penasaran audiens.

  • Video Cover Lagu

Konten yang menyajikan video cover lagu cenderung diminati pengguna Youtube. Konten jenis ini biasanya disajikan dengan cara menyanyikan ulang atau mengaransemen lagu-lagu populer oleh Youtuber yang bukan dari kalangan artis terkenal.

Video cover lagu diminati karena menyajikan sensasi baru yang tidak dirasakan saat sebuah lagu dinyanyikan oleh penyanyi aslinya. Video cover lagu juga bisa disajikan dengan memainkan instrument seperti gitar, piano, biola dan sebagainya.