Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupMengenal Lebih Dalam Tentang Apa Itu Bisnis Startup

DevaFebruari 14, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/8-Startup.jpg

Akhir-akhir ini mungkin sebagian besar dari anda sering sekali mendengar istilah startup dalam dunia bisnis di Indonesia, bukan? Lalu, sebenarnya apa sih startup itu? Nah, startup sendiri merupakan sebuah perusahaan atau bisnis yang baru saja dirintis jika diibaratkan tumbuhan, startup masih dalam bentuk pucuknya, namun penamaan istilah startup ini tentunya tak berlaku untuk semua bidang usaha, melainkan hanya beberapa kategori perusahaan yang bergerak dibidang teknologi atau informasi yang berkembangnya di dunia internet.

Di indonesia sendiri perkembangan bisnis startup memang cukup mengalami kemajuan yang pesat dan mungkin akan semakin bertambah mengingat tentu kita tahu bahwa di Indonesia untuk saat ini hampir 80% masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk menemani kehidupan sehari-harinya, sehingga bukan tidak mungkin saat ini banyak sekali pengusaha yang memanfaatkan peluang tersebut untuk membuat sebuah bisnis dibidang startup.

Karakteristik Bisnis Startup

Pada umumnya startup memang bukan suatu hal yang selalu identik dengan dunia digital saja, seperti telah dijelaskan diatas tentang pengertian startup yaitu sebagai perusahaan atau bisnis yang baru saja di rintis. Nah, untuk mempermudah arti dari startup maka berikut ini karakteristik perusahaan atau bisnis startup:

  1. Usia perusahaan berumur kurang dari 3 tahun. 
  2. Memiliki jumlah karyawan yang minimalis biasanya jumlah karyawan tersebut berjumlah kurang lebih 30 orang karyawan. 
  3. Walaupun memiliki karyawan yang sedikit namun perusahaan ini memiliki karyawan yang multitasking atau memiliki kemampuan di bidangnya masing-masing. 
  4. Memiliki semangat kerja tinggi karena biasanya bisnis ini berasal dari kaum-kaum milenial sehingga dengan usia yang memang bisa dikatakan cukup muda tersebut membuat semangat kerja lebih tinggi karena mereka memiliki banyak sekali keinginan. 
  5. Umumnya selalu bergerak di bidang teknologi, mengingat target pasarnya sendiri saat ini memang lebih banyak memanfaatkan teknologi. 
  6. Website menjadi sarana utama sehingga tak akan heran jika perusahaan startup ini pasti akan memiliki sebuah website untuk menawarkan, mempromosikan produk atau jasanya yang dijual. Biasanya  bisnis yang dijalankan kebanyakan di bidang jasa online. 
  7. Konsumen menjadi prioritas utama atau target utama sehingga mereka akan selalu mengusahakan untuk mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya.

Nah, itulah sekilas tentang perusahaan atau bisnis startup yang harus diketahui oleh semua orang terutama untuk anda kaum milenial yang tertarik di bidang ini.