Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupMental Dan Karakter Entrepreneur Sukses Seperti Bob Sadino

DevaFebruari 5, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/01/sadino3.jpg

Sebagai seorang pengusaha, tentu akan menghadapi berbagai macam halangan dan rintangan dalam usahanya. Saat menghadapi rintangan tersebut, seorang pengusaha harus mempunyai strategi juga mental yang kuat. Karakter pengusaha sangat berpengaruh dalam menentukan nasib bisnis yang dijalankan. Saat bisnis terkena kendala atau rintangan, pengusaha yang tidak memiliki mental dan karakter yang kuat akan kandas dan sulit untuk bangkit kembali.

Mental dan karakter entrepreneur sukses harus dimiliki oleh seseorang agar bisnisnya dapat sukses dan mampu menghadapi rintangan. Seorang pebisnis sukses di Indonesia yang memiliki mental dan karakter entrepreneur sukses salah satunya adalah Bob Sadino.

Bob Sadino sangat dikenal ketika bisnis telur ayam negeri yang dibangun olehnya mengalami perkembangan pesat. Setelah itu, Bob Sadino memiliki beberapa bisnis lain seperti bisnis bahan pangan olahan, bisnis sayur dengan sistem hidroponik, bisnis biro perjalanan wisata, dan bisnis supermarket.

Namun, semua kesuksesan bisnis yang telah diraih tidak terjadi begitu saja. Bahkan, Beliau pernah mengalami keterpurukan dalam menjalankan bisnisnya. Setelah keterpurukan tersebut, Bob Sadino berhasil bangkit dengan mental dan karakter entrepreneur sukses yang dimilikinya. Berikut ini, mental dan karakter entrepreneur sukses yang dimiliki oleh Bob Sadino.

Harus Berani Mengambil Risiko

Dalam menjalani hidup, tentu akan berbagai macam risiko, tanpa terkecuali dalam menjalankan bisnis. Seorang pebisnis harus berani membuat keputusan dengan risiko yang ada di depan dengan segala pertimbangan yang matang. Keberanian mengambil risiko bisnis merupakan mental dan karakter seorang entrepreneur sukses yang sejati. Mengalami kegagalan Itu sudah biasa, seorang pebisnis harus sudah siap dengan risiko terburuk dari bisnis yang dijalankan. Bob Sadino mengungkapkan bagi yang tak ingin dapat risiko terburuk, sebaiknya tidak usah repot-repot menjadi pebisnis.

Memiliki Niat dan Bertekad Kuat

Menurut Bob Sadino, memiliki niat dan tekad yang kuat harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Saat pertama memulai sebuah bisnis, tentu akan berhadapan dengan banyak kegiatan dalam mewujudkan rencana bisnis tersebut.

Dengan niat dan tekad yang kuat, seorang pebisnis akan mampu menjalani segala kegiatan dan melakukan segala rencana bisnis yang ada. Niat dan tekad yang kuat dalam berbisnis dapat dilihat dari keseriusan dan waktu yang digunakannya untuk berbisnis. Jika bisnis hanya dianggap sekedar sebagai sampingan belaka, itu berarti niat dan tekadnya masih belum kuat. Namun, pebisnis yang telah memiliki niat dan tekad yang kuat akan meluangkan seluruh waktunya untuk bisnisnya.

Selalu Ikhlas dan Bersyukur

Bob Sadino mengungkapkan bahwa, untuk menjadi sukses pebisnis memang perlu proses yang harus selalu dijalani dengan penuh rasa ikhlas dan syukur. Rasa ikhlas dan syukur tersebut akan membuat pebisnis dapat memaknai setiap hasil yang telah didapat dari bisnisnya. Ikhlas dan bersyukur atas besar kecilnya profit yang diterima merupakan mental dan karakter entrepreneur sukses.

Memiliki Kemauan Yang Keras

Dalam menjalani bisnis yang penuh dengan tantangan, seorang pebisnis tentu sering merasakan sebuah perasaan pesimis atau putus asa. Maka dari itu, dengan memiliki mental dan karakter entrepreneur sukses yang berkemauan kuat untuk bisa sukses, pebisnis akan mampu melewati segala permasalahan yang ada di depan. Menurut Bob Sadino, pebisnis harus berkemauan keras untuk bisa mencapai sukses. Kemauan yang keras sangat wajib dimiliki para entrepreneur sukses, karena selain untuk bisa mengatasi tantangan juga untuk membuka ruang dan jalan untuk rencana-rencana bisnis di masa yang akan datang.

Harus Tahan Banting dan Tidak Cengeng

Berwirausaha merupakan tahapan dalam belajar untuk bisa mandiri. Untuk bisa mandiri, pebisnis harus memiliki sikap tahan banting dan tidak cengeng ketika menghadapi tantangan dan rintangan. Menurut Bob Sadino, dalam melakukan bisnis haruslah tahan banting dan tidak cengeng karena pasti akan menghadapi banyak problem. Jika pebisnis tidak tahan banting, bisa dipastikan akan mudah gugur dari dunia bisnis.

Itulah mental dan karakter entrepreneur sukse seperti Bob Sadino. Seorang pengusaha bukan hanya membutuhkan modal dan materi saja, tetapi harus memiliki mental dan karakter entrepreneur sukse dalam menjalankan bisnis.