Tunggu Sebentar

 

TeknologiPeluang Bisnis Virtual Reality di Indonesia

Andreas Rifto DevaFebruari 11, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/pexels-photo-3391378-1280x852.jpeg

Virtual reality atau biasa disebut VR merupakan salah satu perkembangan teknologi yang belakangan mulai familiar digunakan masyarakat pada umumnya. Virtual reality sendiri merupakan gabungan dari dua kata bahasa Inggris yaitu “virtual” dan “reality” yang bila diterjemahkan memiliki arti mendekati kenyataan.
Sesuai dengan artinya, penggunaan virtual reality umumnya ditujukan untuk merasakan sensasi yang mendekati kenyataan. Namun demikian penggunaan VR di Indonesia bisa dikatakan masih terbatas pada beberapa lapisan masyarakat tertentu saja karena harga peralatan VR yang masih cukup mahal sampai saat ini.
Banyak perusahaan termasuk salah satunya raksasa teknologi dunia saat ini yaitu google berlomba-lomba membuat peralatan VR yang terjangkau, akan tetapi peralatan yang terjangkau tersebut masih banyak memiliki kelemahan dan belum bisa menunjukkan teknologi VR secara penuh.
Melihat fakta ini sebenarnya peluang teknologi VR untuk berkembang khususnya di Indonesia masih sangat besar, tidak terkecuali bagi para pengusaha yang ingin memanfaatkan potensi adanya peminat teknologi VR. Berikut adalah beberapa peluang usaha dengan memanfaatkan teknologi VR yang berpotensi untuk berkembang di tahun ini hingga beberapa tahun kedepan.
Rental VR Headset
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa salah satu kendala berkembangnya teknologi VR di Indonesia adalah karena harga dari peralatan VR masih tergolong mahal, karenanya potensi untuk bisa menarik pelanggan dengan menyewakan peralatan VR akan sangat berpeluang untuk diminati konsumen.
Calon konsumen bisa menyasar mulai dari anak muda hingga kalangan profesional. Untuk kalangan muda peruntukan VR lebih pada fungsi hiburan. Sementara kalangan profesional dapat menggunakan VR untuk keperluan pekerjaan seperti untuk melakukan presentasi, bahkan rapat secara virtual dengan orang yang berada di tempat yang jauh namun terasa seperti bertatap muka secara langsung.
Karena peruntukannya yang sangat luas maka menyewakan peralatan VR memiliki potensi pasar yang sangat menarik bagi pengusaha yang ingin masuk ke usaha di bidang teknologi.
VR Game Station
Salah satu pengembangan VR yang sangat intensif dilakukan oleh perusahaan-perusahaan teknologi besar dunia sampai saat ini adalah implementasi VR untuk gaming. Dengan menggunakan VR untuk bermain game, pemain bisa bermain layaknya merasakan langsung berada didalam game. Hal ini menjadi lompatan besar di industri gaming karena perbedaan yang bisa dirasakan ketika bermain dilayar dengan VR bisa dibilang cukup jauh.
Mengingat jumlah pemain game di Indonesia yang setiap tahun semakin bertambah tentu tidak ada salahnya untuk mencoba menjadikan ini sebagai peluang usaha. Salah satu bisnis yaitu dengan menyediakan tempat bermain game yang menggunakan teknologi VR.
Untuk memulai bisnis model ini memang akan membutuhkan investasi yang cukup banyak untuk membeli peralatan serta perawatannya, namun hal ini sebanding dengan potensi pasar yang sangat besar sehingga peluang untuk berkebang juga cukup besar.
VR Simulator
VR memiliki fungsi untuk menampilkan sesuatu menjadi seperti kenyataan, karenanya VR menjadi salah satu teknologi yang efektif untuk simulator. Beragam simulator baik untuk kebutuhan hiburan hingga pelatihan profesional dapat memanfaatkan VR.
Sebagai contoh simulator mobil balap dengan menggunakan VR akan terasa seperti mengendarai mobil sungguhan. Hal ini bisa dimanfaatkan baik sekedar hanya untuk hiburan hingga menjadi fasilitas latihan pembalap baru sebelum terjun menggunakan mobil sungguhan di lintasan. Selain mobil ada pula simulator pesawat dan beragam jenis kendaraan, bahkan VR juga bisa digunakan untuk simulasi operasi.
Hampir sama dengan gaming station, VR simulator juga membutuhkan investasi awal yang cukup besar tetapi potensi yang dimiliki juga sangat sebanding mengingat target konsumen yang dituju bisa sampai ke kalangan profesional.
Penggunaan VR sekarang ini bisa dikatakan masih berada pada tahap awal dan akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu memulai bisnis di bidang ini merupakan alternatif yang sangat layak untuk dicoba saat ini.