Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupPeluang Usaha Modal Kecil Yang Menghasilkan Untung Besar

https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/basket-chalkboard-coffee-shop-coffeehouse-143642.jpg

Saat ini ada begitu banyak referensi peluang usaha dengan modal kecil yang bisa dilakukan untuk pemula. Jika dijalankan dengan setrategi yang baik, usaha modal kecil yang Anda jalankan tentu akan berkembang dan mendatangkan keuntungan.

Peluang Usaha Modal Kecil Yang Menguntungkan

  • Kedai Kopi

Saat ini, bisnis kedai kopi tengah diminati di Indonesia. Perkembangan kedai kopi pun cukup pesat, hal ini terlihat dari tren yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Tak hanya di kota-kota besar, kedai kopi bahkan telah menjamah pemukiman kecil dan perkampungan.

Kedai kopi masih berpeluang besar untuk dijadikan bisnis yang menguntungkan. Membuka kedai kopi pun tidak memerlukan modal yang besar.

Jika Anda ingin membuka kedai kopi dengan modal kecil, pilihlah alat-alat pembuat kopi manual. Alat-alat manual seperti mokapot, ROK Presso, Flair, atau alat Hario V60 dapat menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki modal terbatas.

Untuk membuat kopi berbahan dasar espresso misalnya, anda bisa menggunakan alat-alat murah seperti mokapot. Anda bisa membeli mokapot di kisaran harga Rp. 100 ribu sampai Rp. 500 ribuan.

Anda juga bisa menggunakan ROK Presso, yaitu alat pembuat espresso manual tanpa listrik yang bisa dibeli dengan harga Rp. 2,6 jutaan.

Selain itu, bahan baku untuk menu yang Anda sajikan pun dapat dibeli dengan harga yang cukup murah. Biji kopi misalnya, untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa membuat blend kopi Arabica dan Robusta. Kopi Arabica lokal seperti Arabica Kintamani atau Arabica Gayo bisa anda beli seharga Rp. 200 ribuRp. 300 ribuan per kilo. Sementara Kopi Robusta lokal seperti Robusta Pupuan Bali atau Robusta Temanggung bisa Anda beli dengan harga Rp. 60 ribu sampai Rp. 80 ribuan per kilo.

Selain itu, Anda juga bisa memilih berbagai paket peralatan kedai kopi yang dijual di toko online. Ada beberapa paket alat-alat manual yang bisa Anda beli seharga Rp. 4 sampai Rp. 10 jutaan.

  • Menjual Menu Diet

Menjual menu makanan yang disajikan khusus untuk diet juga bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan saat ini. Makanan diet semakin diminati terutama di kota-kota besar. Aktivitas yang padat membuat masyarkata di kota besar kurang mendapatkan asupan nutrisi seimbang

Pola makan tak teratur ditambah gaya hidup yang tidak sehat sehat sering menimbulkan masalah, terutama kegemukan. Nah, Anda bisa menyasar para pekerja kantoran sebagai pelanggan menu diet yang anda jual.

Anda bisa membuat berbagai menu diet seperti seporsi menu makan siang sehat. Untuk membuat menu ini, anda bisa menggunakan nasi beras merah, sayuran organik, daging yang direbus atau dipanggang, putih telur, dan aneka buah-buahan yang tinggi serat.

Sebagai permulaan, cobalah memasarkan menu diet ini di platform social media, Anda juga bisa menjual menu diet berdasarka pesanan. Jadi, Anda hanya memproduksi menu diet jika hanya ada pesanan, sehingga lebih mudah dan hemat bahan baku.

  • Menjual Paket Open Trip Untuk Backpacker

Paket open trip sedang populer belakangan ini. Open trip merupakan paket liburan yang dibuat berdasarkan permintaan, atau dirancang untuk mengunjungi destinasi wisata tertentu. Open trip biasanya diminati oleh para penggemar petualangan out door atau yang dikenal dengan sebutan backpacker.

Jika Anda tertarik menjual paket open trip, Anda bisa merancang rute perjalanan yang menarik, misalnya open trip snorkeling di Pulau Pahawang Lampung, open trip dan camping di kawah Ijen Banyuwangi, Bromo, atau berbagai tempat-tempat berlatar alam bebas lainnya.

Open trip biasanya diikuti oleh kelompok, dan sebagian besar pesertanya adalah kalangan mahasiswa, pecinta alam, pekerja kantoran yang butuh liburan murah, atau siapa pun yang gemar berpetualang di alam bebas.

Menjual jasa ini cukup murah, karena Anda tidak harus menyiapkan akomodasi mahal seperti hotel atau transportasi seperti bus. Karena berkonsep petualangan, Anda bisa menyewakan tenda untuk tempat menginap peserta open trip.