Tunggu Sebentar

 

TeknologiPengembangan Entrepreneur Berbasis Teknologi, Begini Tipsnya

DevaFebruari 13, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/man-using-virtual-reality-headset-doing-an-action-1261820.jpg

Deskripsi: Entrepreneur berbasis teknologi seperti startup saat ini sedang menjadi trend di Indonesia. Bagaimana rahasia mengembangkan bisnis seperti ini? Cek di sini

========

Enterpreneur berbasis teknologi sedang menjadi fenomena trend dunia bisnis tanah air. Pengusaha startup tumbuh menjamur. Dukungan dari pemerintah maupun swasta pun terus mengalir. Trend penggunaan teknologi untuk bisnis sesuai dengan era generasi milenial, alfa dan z yang sudah sangat akrab dengan teknologi.

Bila Anda tertarik mengembangkan bisnis seperti ini, tentunya membutuhkan panduan dan bekal yang harus dipelajari lebih dulu.

Menguasai Teknologi untuk Ide Inovatif

Bermula dengan keakraban Anda dengan teknologi akan bisa membawa jiwa enterpreneur Anda tumbuh. Selanjutnya, pikirkan ide inovatif yang dapat menjawab masalah kebutuhan banyak orang saat ini. Bisnis makanan online misalnya, bisnis ini adalah jawaban dari masalah generasi milenial yang mager (malas gerak) karena sibuk dengan gawai.

Kuasai teknologi lebih dulu, setelah itu pikirkan solusi dari masalah yang ada. Amati, riset, analisa, pikirkan, kira-kira bisnis startup kekinian seperti apa yang dapat menjawab masalah yang ada di sekitar Anda.

Karakter generasi milenial yang kreatif akan memberi tantangan bagi Anda menemukan ide bisnis yang lebih kreatif lagi. Bila ide Anda biasa, akan banyak saingan dan bisa jadi Anda yang akan tertinggal. Temukan berdasarkan riset panjang dengan antisipasi dan evaluasi perkembangannya di masa akan datang.

Produktif dan Kompetitif

Persaingan bisnis di era teknologi yang pesat saat ini memberikan iklim kompetisi yang lebih tinggi. Bisnis yang Anda kembangkan harus memiliki nilai kompetitif yang tinggi. Termasuk juga produktivitas. Rendahnya daya saing bisnis salah satunya karena produktivitas yang kurang, ditambah lagi produk atau jasa tidak kompetitif.

Kompetisi yang dimaksud juga harus bersifat global dan mendunia. Sebuah bisnis yang Anda ciptakan di Indonesia idealnya juga bisa merambah ke tingkat dunia. Jika bisnis Anda berhasil seperti ini maka persaingan Anda akan semakin tinggi.

Saat ini ada banyak program inkubasi yang ditawarkan pemerintah maupun swasta untuk bisnis berbasis teknologi. Magang di perusahaan-perusahaan luar negeri pun dibuka kesempatannya bagi para entrepreneur yang menekuni bidang ini. Kesempatan untuk Anda mengasah potensi di luar negeri yang lebih mumpuni.

Entrepreneur berbasis teknologi masuk dalam ekonomi kreatif yang sedang digalakkan pemerintah. Tentunya pengembangannya akan semakin baik dengan banyaknya peluang-peluang magang dan pelatihan yang ditawarkan. Anda tertarik mengembangkan bisnis semacam ini?