Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupPrestasi Bisnis Mendiang Ashraf Sinclair

ninaFebruari 19, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/5be8804f-1154-4ccd-b1e1-9791ad879e2a_169.jpeg

Indonesia berduka. Aktor dan pebisnis Ashraf Sinclair (40) telah berpulang pada hari Selasa tanggal 18 Februari 2020 (18/02/20) di Jakarta. Suami dari penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL) dan ayah dari Noah yang lahir pada tanggal 18 September 1979 ini semasa hidupnya telah menorehkan berbagai macam prestasi.

Selain piawai dalam dunia akting dan menjadi aktor yang diperhitungkan, Ashraf juga seorang pembawa acara, model dan pengusaha yang handal. Ia diketahui memiliki sejumlah lini usaha yang aktif ia jalankan. Mulai dari bisnis kuliner hingga startup, berikut adalah berbagai bisnis mendiang Ashraf Sinclair yang ia kelola semasa hidupnya.

  • Bisnis Kuliner

Gurihnya bisnis kuliner di Indonesia rupanya menarik Ashraf untuk memulai peruntungan di ranah bisnis ini. Memulai dengan bisnis restoran Sunda (Pondok Sunda) dan Korea (Bulgogi Brothers) di sebuah Mal, bisnisnya berjalan tidak sesuai dengan harapan. Karena pengunjung mal yang sepi, bisnis restorannya pun mengalami kebangkrutan. Namun Ashraf kembali bangkit dengan memulai bisnis kuliner lainnya yang ia jalankan bersama mantan bosnya dari Malaysia.

Kemudian pada tahun 2012, Ashraf menjadi inisiator restoran TGIF, yaitu suatu restoran waralaba Amerika yang menyajikan menu Amerika Bistro dengan suasana restoran klasik modern. Restorannya ini berkembang dengan sukses. Memulai satu outlet di Lippo Kemang Village, restoran yang ramah keluarga inipun ini telah memiliki 5 gerai lain di Jakarta.

  • Bisnis Production House

Ashraf bersama dengan saudara perempuannya, Aishah Sinclair dan sahabatnya Sazzy Falak, mendirikan perusahaan Production House yang bergerak di bidang hiburan bernama SinclairFalak Sdn Bhd. Perusahaan ini masih beroperasi hingga saat ini.

  • Investor Produk Kosmetik

Boomingnya trend kosmetik Korea juga turut dilirik oleh Ashraf. Berperan sebagai investor, Suami dari Bunga Citra Lestari inipun membawa Althea Korea ke Indonesia. Di kalangan milennial, Althea sudah dikenal sebagai salah satu produsen kosmetik dari Korea yang memproduksi berbagai produk kosmetik yang berkualitas.

  • Investor Start Up

Ashraf juga memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap perusahaan rintisan atau startup. Tercatat ia merupakan salah satu investor perusahaan startup dan menjadi pemodal untuk perusahaan ventura. Adalah perusahaan 500 Startups, salah satu perusahaan modal ventura yang berbasis di Silicon Valley yang mengajak Ashraf menjadi salah satu mitra di perusahaan tersebut.

Di Indonesia, perusahaan ini telah mendanai ke 30 perusahaan startup seperti Kudo, Bukalapak, Hijup, Fabelio dan lainnya. Target dari 500 Startups sendiri adalah menyalurkan Rp.650 miliar ke 250 perusahaan rintisan di Asia Tenggara. Ashraf diketahui aktif dalam proses menyeleksi startup yang akan diberikan dana tersebut melalui pertimbangan sosok founder startup, bukti eksekusi yang baik, hingga tim yang sudah dibentuk.

  • Investor Iflix

Melihat cerahnya perkembangan platform Video on Demand di Indonesia, Ashraf juga menjadi investor Iflix pada tahun 2013. Tidak hanya berperan sebatas sebagai investor, Ashraf juga aktif mencari dukungan influencer untuk mempromosikan aplikasi tersebut. Ahsraf percaya bahwa aplikasi video on demand akan terus populer seiring meningkatnya minat masyarakat akan hiburan lewat smartphone.

  • Klub CrossFit

Sebagai seorang public figure yang rajin berolahraga, Ashraf diketahui juga memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap olahraga CrossFit. CrossFit adalah program latihan yang menggabungkan unsur aerobik dan anaerobik dengan perpaduan latihan interval dengan intensitas tinggi. Bersama kedua rekannya, Oka Tripambudi dan Brian Pandji, Ashraf mengelola Klub CrossFit ini dan aktif memasarkan Klub CrossFit yang telah dirintisnya.