Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupProduk UMKM Indonesia yang Sukses Tembus Pasar Global

Andreas Rifto DevaFebruari 26, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/IMG_2619.jpg

Siap sangka produk-produk asal Indonesia yang awalnya hanya diproduksi secara mikro kini telah beredar di pasar internasional.

Saat ini, di Indonesia sudah banyak perusahaan-perusahaan yang awalnya UMKM mampu bertahan dan bersaing dengan produk luar. Tentu, ini kabar menggembirakan.

Pertumbuhan UMKM di Indonesia pun angkanya menunjukan pertumbuhan yang cukup pesat. Sehingga, Pemerintah saat ini tengah seurius untuk membina dan memodali UMKM.

Peluang yang besar di era internet ini memang berpengaruh cukup besar terhadap geliat perekonomian mikro hingga menengah ini.

Tak heran beberapa produk UMKM di bawah ini bisa bersaing dengan produk-produk yang sebelumnya sudah mapan.

Berikut, beberapa daftar produk UMKM Indonesia mendunia yang Pilar himpun dari berbagai sumber.

Keset Perca Irma Suryati

Tak disangka produk keset kain perca yang dibuat di daerah kecil bernama Kebumen ini bisa dipasarkan di sejumlah negara. komoditas dari bisnis UKM ini telah berhasil diimpor ke Australia, Turki, Jepang, dan Jerman.

Pemilik usaha keset ini adalah seorang wanita bernama Irma Suryati. Pencapaian usaha yang dijalankan Irma ini turut membuktikan bahwa seorang difabel pun mampu berbuat banyak.

Usaha yang ditekuni Irma ini  terinspirasi dari sang ibu yang gemar bikin taplak dan keset dari kain perca. Dengan kegigihanny ia pun mencoba membuat bisnis tersebut.  Sebelum menembus pasar global, Irma dan suami memasarkan kesetnya dengan berjualan berkeliling. Mulai dari menitip ke pedagang di pasar sampai menjajakan di angkot.

Jenang Sinar 33 Kudus

Siapa sangka jenang makanan khas dari Jawa Tengah ini cocok dengan lidah orang-orang di berbagai negara. Ditangan pengusaha asal Kudus, Hilmi, makanan manis ini berhasil menembus pasar global.

Makanan tradisional ini dikemas dengan tampilan yang menarik. Hilmi mengubah konsep pemasaran makanan ini menjadi modern.

Buktinya, berkat usahanya, Jenang Sinar 33 Kudus ini berhasil dipajang di pasar China, Taiwan, dan Cinatown Amerika.

Schmiley Mo

Produk fashion asli Indonesia ini berhasil menembus pasar internasional. Brand yang didirikan oleh Dina Rikasari ini berhasil dipampang di sejumlah gelaran fashion internasional.

Brand ini udah gak asing lagi di Inggris, London. Produk bisnis UKM ini bahkan telah dipamerkan di Pure London, Olympia, sebuah pameran fashion ternama.