Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupPublic speaking : Soft Skill yang Penting Dimiliki Sepanjang Masa

adminFebruari 28, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/7-Enterpreneur.jpg

Apakah Anda seorang profesional atau pebisnis, memiliki kemampuan public speaking yang baik adalah suatu keharusan. Bagi Profesional, public speaking yang baik dapat menyampaikan ide-ide Anda kepada audiens atau klien. Sedangkan bagi pebisnis, public speaking yang baik diperlukan dalam hal presentasi, seminar bisnis, hingga mempromosikan produk atau layanan Anda.

Namun tidak semua orang memiliki kemampuan public speaking yang baik, Itu memang benar. Tapi bukan berarti kemampuan tersebut tidak bisa dibentuk. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan Public speaking Anda.

Belajar dari ahlinya

Jika Anda memiliki uang dan waktu, Anda bisa belajar public speaking dari ahlinya. Seperti yang Anda tahu bahwa ada beberapa public speaker terkenal yang memang membuka kelas untuk belajar public speaking. Menginvestasikan uang dan waktu untuk kemampuan soft skill seperti ini sangat berharga. Karena Anda bisa menggunakannya di sepanjang hidup Anda

Belajar secara mandiri

Jika Anda memiliki waktu yang terbatas untuk datang dan belajar langsung dari ahlinya, Anda bisa mempelajarinya secara online. Banyak dari professional public speaker yang juga mengajarkan public speaking melalui youtube ataupun platform kursus berbayar.

Berbicara dengan tenang

Beberapa orang sangat terburu-buru ketika berbicara di depan banyak orang karena merasa gugup. Padahal, berbicara dengan gaya yang demikian akan membuat audiens tidak memahami apa yang kita bicarakan.

Sebelum memulai bicara, ada baiknya Anda tuliskan poin-poin apa saja yang ingin Anda bicarakan. Lalu sampaikan inti-inti poin tersebut dengan tenang dan jelas. Semakin Anda merasa tenang, semakin terkendali apa yang ingin Anda sampaikan.

Kuasai situasi

Anda tidak akan bisa menguasai situasi jika Anda tidak menguasai apa yang akan Anda bicarakan. Karena itu, sebisa mungkin Anda tahu apa yang akan Anda bicarakan, lalu kenali juga audiens Anda. Audiens tertentu memerlukan penyampaian secara tertstruktur dan sistematis. Namun ada juga audiens yang justru lebih cocok untuk penyampaian yang santai disertai jokes-jokes ringan seputar topik yang Anda bahas.

Gunakan Contoh

Jika Anda menjelaskan sesuatu yang rumit dan Anda khawatir audiens sulit untuk memahaminya, Anda bisa menyertakan contoh di dalam penjelasan Anda. Dengan contoh yang aplikatif, audiens akan lebih bisa memahami penjelasan yang Anda paparkan karena berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

Hafalkan

Beberapa kalimat greeting bisa Anda hafalkan. Biasanya kalimat ini Anda gunakan di awal serta di akhir paparan Anda. Dengan menghafal, Anda sudah mengurangi beban Anda untuk mengingat kata-kata greeting apa yang pantas Anda berikan dengan audiens. Sehingga Anda bisa melanjutkan dengan hal yang lebih penting, yaitu subjek utama dalam paparan Anda.

Berlatih

Karena practice makes perfect. Anda bisa langsung melatih kemampuan public speaking Anda sehingga makin sempurna dari waktu ke waktu. Berlatihlah di depan kaca untuk melihat ekspresi dan gerakan Anda. Atur bagaimana posisi yang nyaman untuk Anda berbicara.

Atur ritme anda, berbicaralah dengan tenang dan jangan terburu-buru. Atur intonasi suara agar tidak terlalu kencang atau terlalu pelan. Practice makes perfect. Berlatihlah sebelum Anda melakukan public speaking agar hasilnya sempurna.

Just do it

Experience is the best teacher. Anda baru bisa mengetahui apa yang kurang dari penampilan Anda setelah Anda benar-benar melakukannya. Sebagai pengalaman pertama, it’s okay to make mistakes. Maafkan diri Anda, lalu perbaiki dengan segera. Fake it till you make it. Berusahalah untuk tampil dengan sebaik-baiknya di kesempatan berikutnya. Lambat laun, public speaking akan menjadi hal yang mudah bagi Anda. Selamat mencoba.