Tunggu Sebentar

 

HiburanPunya Travel Startup? Inilah 5 Tips untuk Mengembangkannya

DevaFebruari 10, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/01/6.-Punya-Travel-Startup-Inilah-5-Tips-untuk-Mengembangkannya.jpg

Travel startup di Indonesia bisa dibilang berkembang dengan begitu pesatnya. Hal ini tidak bisa terlepas dari banyaknya destinasi wisata di Indonesia maupun di luar negeri yang menarik untuk dikunjungi. Meskipun begitu, persaingan startup di bidang traveling semakin ketat sehingga Anda harus memiliki strategi untuk menjadi startup pilihan banyak pelanggan.

Membangun Kerja Sama yang Potensial

Sama dengan bisnis lainnya yang membutuhkan jaringan atau partner untuk bekerja sama. Bisnis dalam bidang traveling juga sangat membutuhkan partner kerja, seperti penyedia tiket pesawat, kereta api, bus pariwisata, tempat wisata, restoran, penginapan dan lain sebagainya. Setiap partner kerja memiliki perannya tersendiri dalam mengembangkan startup yang Anda miliki.

Namun, sebelum memutuskan untuk bekerja sama, pastikan Anda telah mencari tahu mengenai calon partner kerja Anda, apakah memiliki reputasi baik atau tidak. Apabila Anda salah dalam memilih partner, maka reputasi bisnis Anda yang akan menjadi taruhannya. Berbeda jika Anda bisa mendapatkan partner yang potensial, maka reputasi travel startup Anda juga akan meningkat.

Menciptakan Konsep Bisnis yang Unik

Sekarang ini, startup di bidang traveling sudah sangat banyak di Indonesia. Persaingan pun semakin ketat. Setiap startup pasti akan berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik dan menarik untuk mendapatkan minat dari konsumen. Dari banyaknya startup di bidang travel, mengapa konsumen harus memilih startup milik Anda? Apa kelebihan yang Anda tawarkan dibanding lainnya?

Pertanyaan itulah yang harus Anda renungkan jika menginginkan perkembangan dalam travel startup Anda. Strategi yang paling ampuh adalah menjadi unik, Anda harus memiliki perbedaan yang lebih unggul dibanding startup lainnya. Untuk bisa mengalahkan pesaing, Anda harus mempelajari start up pesaing dan kemudian menggunakan konsep yang belum diterapkan oleh kebanyakan startup tersebut.

Tawarkan Tempat yang Menarik

Indonesia merupakan negara dengan destinasi alam yang sangat banyak dan tentunya menarik untuk dikunjungi, mulai dari pantai, gunung, air terjun, danau dan lain sebagainya. Taman hiburan dan wisata buatan pun juga sangat banyak. Beberapa tempat wisata sudah sangat sering dikunjungi, sedangkan Indonesia masih menyimpan banyak destinasi yang tersembunyi.

Untuk menarik minat banyak orang, ada baiknya Anda tidak hanya memilih tempat yang menarik, tapi juga unik. Semakin sedikit startup yang menyediakan paket liburan ke destinasi yang tersembunyi, maka makin besar peluang bagi Anda untuk menarik minat banyak orang. Namun, Anda juga harus riset terlebih dahulu mengenai destinasi wisata tersebut.

Tawarkan Kegiatan yang Menarik

Selain tempat atau destinasi, kegiatan yang dilakukan selama liburan juga perlu Anda pertimbangkan. Paket liburan dari travel startup biasanya juga mengatur kegiatan apa saja yang akan dilakukan para wisatawan. Anda bisa menawarkan kegiatan menarik di setiap paket wisata, seperti menyelipkan game, kegiatan beramal dan lainnya yang berbeda dari startup lainnya.

Semakin menarik dan berbeda kegiatan yang kita tawarkan selama liburan, maka semakin banyak orang yang ingin bergabung dalam paket wisata startup Anda. Namun, pastikan bahwa kegiatan tersebut tidak mengganggu keinginan wisatawan untuk berlibur.

Berikan Promo dan Pasarkan

Jika Anda sudah mempersiapkan diri dengan baik sebagai startup yang bergerak di bidang traveling, maka langkah berikutnya adalah mempromosikannya pada banyak orang. Anda bisa memanfaatkan internet atau media sosial untuk menawarkan layanan atau paket wisata yang menarik. Anda juga bisa melakukan promosi berbayar apabila memang dibutuhkan agar hasilnya juga lebih maksimal.

Itulah tadi informasi mengenai strategi yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis startup di bidang traveling. Sebenarnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk memenangkan persaingan bisnis di bidang ini. Hanya saja, Anda harus menyesuaikannya dengan kemampuan dan kebutuhan, agar strategi untuk menjadi travel startup bisa membuahkan hasil yang diinginkan.