Tunggu Sebentar

 

TeknologiSepak Terjang Teknologi dan E-Commerce dalam Bisnis Digital

DevaFebruari 5, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/01/pexels-photo-1280x853.jpg

E-commerce merupakan istilah populer untuk menyebut sebuah kegiatan perdagangan elektronik yang di dalamnya terdiri dari kegiatan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan layanan jasa. Kegiatan perdagangan ini dilakukan melalui sistem elektronik seperti internet, jaringan komputer, ponsel, smartphone, dan bentuk elektronik lainnya. E-commerce Indonesia telah menjadi pasar yang memiliki pertumbuhan sangat tajam. Pertumbuhan e-commerce di Indonesia bukan hanya meningkat dari tahun ke tahun, akan tetapi kualitas yang diberikan juga semakin baik dari waktu ke waktu.

E-commerce sangat berkaitan dengan sistem elektronik sebagai tanda bahwa peranan dan perkembangan e-commerce tidak pernah lepas dari pengaruh teknologi. Maka dari itu, teknologi telah memberikan dampak yang sangat signifikan pada perkembangan e-commerce di Indonesia.

Saat ini, mayoritas masyarakat Indonesia jauh lebih memilih e-commerce untuk memenuhi kebutuhan dibandingkan menggunakan cara tradisional. Teknologi telah memberikan dampak yang luar biasa bagi perkembangan e-commerce, karena dapat memudahkan para calon pelanggan untuk bisa mengecek dan melacak pembelian yang mereka lakukan. Teknologi juga memudahkan para pelanggan untuk bisa berkomunikasi melalui chat atau telepon (berinteraksi) dengan para pelaku bisnis online, sehingga kesulitan atau masalah terhadap produk yang dibeli akan dengan mudah didiskusikan terhadap pebisnis.

Selain mempermudah bentuk komunikasi antara pembeli dan pelaku bisnis online, teknologi juga memberikan dampak positif dengan membantu e-commerce dalam memudahkan transaksi online bagi para pembeli. Berikut ini beberapa uraian untuk mengetahui sepak terjang e-commerce Indonesia pada bisnis digital.

Pelaku Bisnis Online Akan Lebih Fokus Terhadap Konsumen.

Artificial Intelligence (AI) telah membuat para pelaku bisnis online di dalam e-commerce untuk dapat lebih fokus dengan permintaan para konsumen. Misalnya, melalui penggunaan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence, pelaku bisnis online akan memahami barang-barang yang disukai oleh calon pelanggannya dan karakteristik barang terhadap permintaan pasar.

Komunikasi Lebih Mudah dengan Aplikasi Berbasis Smartphone

Teknologi juga berperan sangat baik dalam menciptakan dan mengembangkan aplikasi-aplikasi modern yang bisa digunakan untuk mengobrol melalui chat. Beberapa aplikasi yang ada di smartphone telah memberi peluang bagi pebisnis online untuk tetap terhubung dengan konsumennya, meskipun mereka terpisahkan dengan jarak yang sangat jauh.

Media Sosial Memudahkan Pebisnis Memahami Pengalaman Pelanggan

Media sosial telah hadir sebagai salah satu perkembangan teknologi yang paling mutakhir dan fenomenal sepanjang masa. Hampir semua penduduk muda dan penduduk di usia produktif di muka bumi ini memiliki akun media sosial, bahkan ada yang memiliki lebih dari satu akun.

Media sosial tidak hanya membuat banyak orang terhibur atau memudahkan proses komunikasi saja. Media sosial juga membantu para pelaku bisnis online untuk menampung pengalaman para pelanggan. Media sosial dapat membuat kedua belah pihak menjadi lebih dekat dan mudah terkoneksi satu sama lain.

Pengiriman Produk Menjadi Lebih Terjamin

Dalam segala bentuk bisnis, kenyamanan harus tetap diprioritaskan. Tanpa terkecuali dalam proses jual beli di dalam e-commerce. Dalam hal ini, e-commerce Indonesia telah bekerjasama dengan banyak perusahaan pengiriman barang (ekspedisi) yang menggunakan teknologi canggih untuk memberikan rasa aman atau jaminan kepada para pembeli konsumen. Jaminan bahwa barang yang dibeli akan tetap aman dan pasti sampai di tangan konsumen. Selain itu, rasa aman juga dapat dirasakan karena konsumen dapat melacak posisi barang yang dibeli setiap saat.

Teknologi dan E-Commerce Membantu Para Usaha Kecil

Kemajuan teknologi telah mendorong e-commerce untuk merangkul para pelaku usaha kecil yang tersebar di seluruh Indonesia. E-commerce Indonesia menjadi lebih bervariasi dan para konsumen semakin memiliki banyak pilihan dalam menentukan produk yang mereka inginkan. Secara tidak langsung, kondisi seperti ini juga akan membantu perekonomian para usaha kecil.

Itulah tadi ulasan mengenai sepak terjang teknologi dan E-commerce dalam bisnis digital yang semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia saat ini.