Tunggu Sebentar

 

Gaya HidupSosok Ini Muda & Potensial, Namun Punya Gaya Hidup Minimalis

DevaFebruari 12, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/maxresdefault.jpg
https://i.ytimg.com/vi/Cp0nhdtVu5U/maxresdefault.jpg

Astri Puji Lestari, wanita berusia 32 tahun yang akrab dipanggil Atid ini sehari – hari berprofesi sebagai arsitek. Atid adalah salah satu dari sekian banyak kaum muda yang mencakup di bidang gaya hidup minimalis. Ia lahir dan besar di Bandung sebelum akhirnya memutuskan untuk pindah ke Jakarta. Dibesarkan dari keluarga yang sangat berkecukupan membuat Atid terbiasa dengan gaya hidup Konsumtif.

Gaya hidup minimalis yang dijalaninya saat ini bermula saat kepindahannya setelah menikah ke sebuah kamar kost yang ukurannya tidak lebih besar dari kamar mandi yang ada di rumahnya dahulu. Di situlah Atid mulai  berpikir, bagaimana ia dapat tetap hidup bahagia di tengah situasi yang berbeda tersebut.

Hidup Minimalis Ia Mulai Dengan Mengenal Diri Sendiri

Atid mengaku, selama 25 tahun ia hidup, ia belum benar – benar mengetahui apa yang dia inginkan. Ia baru menyadari bahwa ia jarang sekali berkomunikasi dengan dirinya sendiri, sehingga perasaan khawatir tidak beralasan sering menghampirinya. Setelah ia paham dan mengenal dirinya, ia jadi lebih ikhlas menerima kenyataan dan berusaha merubahnya.

Meminjam Uang Untuk Membeli Rumah

Dengan keberanian kuat akhirnya Atid memutuskan untuk meminjam uang dan menjawab semua pertanyaan – pertanyaan hidup melalui desain rumah impian yang dibuatnya. Rumah dengan ukuran lantai 1 yang tidak lebih dari 30 meter persegi ini nyatanya mampu membuat hidup Atid lebih bahagia dibandingkan saat ia tinggal di rumah seluas 2.000 meter persegi milik orang tuanya. “Angka yang besar tidak selalu menjamin kebahagiaan kita” ungkap Astri.

Mereduksi Sampah

Atid mulai menjalani pola hidup minim sampah, dengan penggunaan menstrual cup, pembuatan pupuk kompos dan pengurangan plastik. Sebisa mungkin ia menolak segala sesuatu yang dapat menghasilkan sampah.

Mereduksi Barang – Barang

“Hal yang paling mewah di dunia ini menurut saya adalah merasa cukup,” itulah yang mendasari Astri untuk mengurangi barang – barang di rumah. Selain memudahkan ketika dibereskan, ia menjadi tidak konsumtif dan dapat mengenali semua barang kepunyaannya. Ia hanya memiliki 40 potongan baju dan ia merasa sangat cukup dengan hal tersebut.

Cukup menginspirasi, bukan? Apakah kamu berminat menjadi salah satu dari kaum muda yang mencakup di bidang gaya hidup minimalis seperti Astri?