Tunggu Sebentar

 

Food & BeveragesTips dan Inspirasi untuk Membangun Startup Kuliner

Vera AnggunFebruari 13, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/time-lapse-photography-of-four-black-metal-cooking-wares-954677.jpg

deskripsi: Saat ini ada banyak sekali bermunculan perusahaan startup di segala bidang, salah satunya kuliner.Tertarik membangun startup kuliner? Berikut tipsnya.

=========

Saat ini,berbagai macam perusahaan startup terus bermunculan. Salah satunya adalah startup kuliner. Startup kuliner di Indonesia sendiri dinilai baik. Ditambah adanya layanan startup seperti layanan delivery makanan semakin membuat orang orang tertarik membuat startup kuliner. Dari yang menyediakan startup resep ataupun layanan catering. Anda tertarik membangun startup kuliner?

Startup kuliner adalah perusahaan baru berkembang yang bergerak di bidang kuliner. Selain menyediakan jasa pembuat makanan dan resep, mereka biasanya juga menggunakan aplikasi untuk melayani pelanggan. Lalu bagaimana cara membangun startup kuliner agar sukses? Berikut ulasannya.

Tips dan Inspirasi untuk Membangun Startup Kuliner

Sebenarnya untuk membangun usaha kuliner sangatlah bagus apalagi makanan adalah kebutuhan primer manusia. Untuk memulai usaha kuliner sendiri, yang pertama kali harus anda punya adalah komitmen. Komitmen sangat menentukan sejauh mana nanti anda akan mempertahankan bisnis anda. Jika komitmen anda sudah kuat, anda bisa memikirkan konsep dari bisnis kuliner anda.

Pikirkan konsep semenarik mungkin agar bisa menjaring banyak konsumen. Jika anda hanya menjual produk yang sudah banyak orang jual, tentu anda akan kesulitan menjaring konsumen. Setelah itu, hal yang harus anda punya adalah modal. Modal merupakan bagian penting dari berbisnis. Jika anda kesulitan mencari modal, anda bisa meminjam modal di koperasi atau Kredit Usaha Rakyat.

Kemudian pahami target pasar anda, kira kira produk anda nanti akan dijual ke siapa? Setelah itu, carilah lokasi yang strategis. Carilah lokasi yang mudah diakses dan banyak dilalui orang. Anda juga perlu menghindari lokasi yang dekat dengan tempat brand ternama. Karena itu akan membuat anda tersaingi.

Kemudian promosi yang menarik. Anda bisa membuat website ataupun aplikasi menarik untuk mempromosikan produk anda.

Contoh Startup Kuliner di Indonesia

Jika anda membutuhkan inspirasi untuk membantu anda dalam membangun startup kuliner, ada beberapa startup kuliner yang sudah populer dan bisa anda jadikan contoh untuk usaha anda nanti. Ada Wakuliner, Pergikuliner, Qraved, Berrykitchen, Kulina dan Meeber. Itu adalah contoh food startup Indonesia yang sudah berjalan sukses dan bisa anda jadikan inspirasi bisnis kuliner anda.

Segala usaha akan mudah jika anda sudah punya komitmen kuat, ditambah dengan konsep yang menarik dan persiapan yang matang maka anda hanya perlu memikirkan bagaimana melakukan promosi yang tepat.

Jika semua sudah siap, maka anda bisa mulai menjalankan usaha anda. Untuk membangun startup kuliner memang dibutuhkan persiapan matang dan usaha keras. Jangan mudah berputus asa dan semoga sukses selalu.