Tunggu Sebentar

 

TeknologiTips Jitu Mendatangkan Keuntungan Dari Website Bisnis

https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/desk-laptop-macbook-pro-working-69432.jpg

Di era digital ini, memiliki aset digital seperti website bisnis seakan menjadi sebuah keharusan. Website bisnis dapat digunakan sebagai media yang efektif untuk menjaring konsumen potensial. Tak bisa dipungkiri, saat ini perilaku konsumen sudah berubah. 80 persen konsumen cenderung melakukan riset digital sebelum memutuskan untuk membeli produk jasa atau barang.

Dahulu, pebisnis cenderung melakukan promosi melalui media konvensional seperti koran, televisi dan radio. Namun, promosi melalui media konvensional memiliki sejumlah kelemahan. Selain harganya yang relatif mahal, promosi di media konvensional juga tidak bisa diukur tingkat keberhasilannya.

Berbeda dengan pemasaran online yang dilakukan melalui situs web bisnis, menjalankan kampanye melalui media digital dapat dikerjakan dari mana saja dan kapan saja. Disamping itu, website bisnis lebih mudah dipantau tingkat keberhasilannya. Informasi yang disajikan pun bersifat dua arah. Anda bisa berkomunikasi secara langsung dengan konsumen potensial melalui website bisnis yang Anda miliki.

Namun, apakah dengan memiliki website Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan?

Jawabannya adalah belum tentu, ada beberapa syarat yang harus Anda sajikan dalam website bisnis, antar lain:

Membuat Website Yang Profesional

Untuk mendatangkan lebih banyak traffic, Anda harus memperhatikan kriteria berikut:

Tampilan Website

Jangan pernah menyepelekan fungsi dari website desing. Desain web yang sedap dipandang sangat berpengaruh pada citra bisnis yang Anda miliki. Maka dari itu ciptakanlah kesan profesional melalui tampilan website yang menarik.

Website yang menarik membuat pengunjung lebih betah mengeksplorasi setiap konten dan layanan yang Anda sajikan dalam website bisnis Anda.

Integrasikan Website Dengan Social Media

Jika diibaratkan, website adalah kantor Anda, sedangkan social media adalah etalasenya. Buatlah akun sosmed khusus bisnis yang mencerminkan bidang usaha yang Anda kerjakan. Jangan pernah menampilkan konten bersifat personal pada akun sosmed bisnis Anda.

Mengoptimalkan Website Bisnis

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimasi website bisnis, salah satunya melalui teknik SEO (Search Engine Optimization). Teknik SEO merupakan strategi pemasaran online yang digunakan untuk mengoptimalkan visibilitas website pada laman mesin telusur. Dalam bahasa yang sederhana, SEO digunakan untuk menampilkan website Anda di peringkat pertama halaman utama penelusuran Google.

Saat menggunakan teknik ini, pastikan website bisnis Anda memenuhi kriteria sebagai berikut:

Ter-index di Google

Pastikan website Anda selalu muncul pada halaman pencarian Google. Cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah website Anda ter-index di Google adalah dengan mengetikkan kata kunci yang Anda gunakan untuk mewakili bisnis Anda.

Misalnya Anda memiliki bisnis coffee shop yang beroperasi di Jakarta, cobalah mengetikkan keywords “coffee shop di Jakarta, tempat nongkrong terdekat, kedai kopi di Jakarta” dan sebagianya. Jika website Anda tidak muncul, berarti Google belum mengenal website tersebut.

Sajikan Konten Berkualitas

Salah satu tujuan orang menguasai teknik SEO adalah untuk mengubah setiap laman di website menjadi landing page. Artinya setiap page yang ada di website menjadi pintu masuk traffic. Salah satu cara yang paling populer digunakan adalah dengan menyajikan konten yang menarik.

Sajikanlah konten yang berkualitas dan bertujuan untuk menjawab kebutuhan audiens. Kriteria yang bisa Anda dapatkan untuk mengetahui apakah konten yang Anda sajikan cukup menarik adalah jumlah pembaca dan tingkat bounce rate.

Bounce rate yang rendah menandakan audiens cukup betah berlama-lama mengeksplorasi konten yang Anda sajikan.

Utamakan User Experience dan Mobile Friendly

Saat ini, sebagian besar pencarian digital dilakukan melalui perangkat ponsel. Hal ini membuat Google menyesuaikan sistem pencariannya. Website yang mobile friendly dengan user experience yang menarik, akan mendatangkan lebih banyak traffic organik.

Ingat, Anda sedang menawarkan produk kepada visitor website bisnis Anda. Website dengan user experience yang menarik akan membuat visitor betah dan membuka kemungkinan yang lebih besar untuk menjadi konsumen potensial produk Anda.