Tunggu Sebentar

 

HiburanTips Menjadi Youtuber Sukses Untuk Pemula

Andreas Rifto DevaFebruari 29, 2020
https://memulai.id/wp-content/uploads/2020/02/action-adult-aperture-blur-320617.jpg

Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini social media menjadi bagian dari media pemasaran yang ampuh mendatangkan penjualan. Perkembangan social media yang semakin pesat bahkan telah menciptakan berbagai peluang usaha dan profesi baru, salah satunya adalah Youtuber. Menjadi Youtuber merupakan profesi jenis baru yang menjanjikan di masa depan.

Kenapa orang ingin menjadi Youtuber?

Alasan utama kenapa banyak orang yang ingin menjadi Youtuber adalah karena Youtube memiliki fitur monetisasi yang bisa digunakan untuk mendapatkan uang. Youtube juga menjadi platform media sosial (medsos) yang paling banyak diakses di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, berdasarkan data dari Hootsuit, Youtube menduduki peringkat pertama dalam daftar sosmed yang paling banyak diakses oleh pengguna social media. Pada tahun 2-19 lalu, jika dibandingkan dengan platform medsos lainnya, Youtube memiliki presentase pengguna sebanyak 88 persen.

Dengan presentase pengguna sebanyak itu, tak heran jika banyak pemain sosmed yang berlomba-lomba untuk menyajikan konten menarik di platform besutan Google Inc tersebut.

Jenis Youtuber Berdasarkan Penggunaannya

Secara umum, ada dua jenis Youtuber berdasarkan cara penggunannya, yaitu:

Selebriti Youtuber

Selebriti Youtuber merupakan Youtuber yang berasal dari orang terkenal seperti artis atau influencer yang sudah memiliki nama. Melihat potensi keuntungan yang besar dari Youtube, banyak selebritas Indonesia yang mencari peruntungan di platform berbagi video ini.Beberapa yang terkenal antara lain Raditya Dika, Deddy Corbuzier dan aktor kawakan Baim Wong.

Creative Youtuber

Youtuber jenis Creative Youtuber umumnya berasal dari orang biasa yang bukan dari kalangan orang terkenal. Creative youtuber biasanya membangun channel Youtube-nya dari nol tanpa memiliki koneksi atau bantuan dari tokoh terkenal.

Creative Youtuber mampu menyajikan konten yang menarik perhatian dan berpotensi viral. Beberapa nama yang muncul dari creative Youtuber antara lain raja Youtube Asia Tenggara, Atta Halilintar, Youtuber horor Kisah Tanah Jawa dan comedian Youtuber asal Bali Puja Astawa.

Tips Sukses Menjadi Youtuber Pemula

Meraih kesuksesan di Youtube bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan oleh Anda yang pemula sekali pun. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin menjadi Youtuber pemula yang sukses antara lain:

Menyajikan Konten Yang Disukai Audiens

Berikut merupakan beberapa jenis konten yang disukai oleh pengguna Youtube, antara lain:

  • Konten Hiburan; Konten hiburan biasanya menyajikan sesuatu yang bersifat menghibur seperti konten wisata, konten budaya, daily life, komedi atau konten horor.
  • Konten Edukatif; Konten ini menyajikan informasi yang menarik dan bisa dipelajari, seperti fakta unik, berita populer, tutorial dan sebagainya.
  • Konten Edukatif dan Hiburan; merupakan gabungan dari konten edukatif yang memiliki unsur hiburan. Salah satu konten edukatif dan hiburan adalah konten yang disajikan oleh Youtuber horor Kisah Tanah Jawa.

Tak hanya menghibur, mereka juga menyuguhkan unsur edukatif dari setiap kisah horor yang disajikan di channel Youtube mereka.

Menyajikan Konten Berkualitas

Salah satu syarat sukses menjadi Youtuber pemula adalah selalu menyajikan konten yang berkualitas. Konten berkualitas tak hanya bersifat menghibur, tapi juga mampu meningkatkan engagement rate dari audiensnya.

Membuat Video Yang Menarik

Setelah menentukan konten yang berkualitas, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menyajikan konten tersebut dalam format video yang menarik dan sedap dipandang. Anda juga bisa membuat teaser singkat untuk setiap konten yang akan diunggah di Channel Youtube

Memonetasi Akun Youtube

Untuk menghasilkan uang dari Youtube, Anda wajib memonteasi akun Youtube Anda. Namun, syarat agar akun Anda lolos monetisasi adalah konten yang Anda unggah wajib mengundang minimal 1000 subscriber dan memenuhi sekitar satu juta jam tayang.